Berita Otomotif

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil – Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali diperhatikan secara serius. Salah satunya adalah pada saat kamu sedang menginjak gas tinggi dan pada momen tertentu kamu sebagai pengemudi harus melakukan pengereman.

Hal yang perlu kamu dan pengemudi mobil lain pada saat berkendara adalah proses pengereman tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terlebih dilakukan secara mendadak. Dalam melakukan pengereman mobil sendiri terdapat teknik yang harus dipelajarai oleh pengguna.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan ada banyak hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Salah satunya adalah kecelakaan dan menabrak mobil yang berada di depan. Dan tentunya bisa merusak komponen mobil apabila dilakukan secara terus-menerus.

Teknik dan Cara Mengerem Mobil

Dikutip melalui laman resmi Suzuki.co.id, pemilik mobil memang diwajibkan untuk mengetahui teknik pengereman pada saat mengendarai mobil. Setidaknya, ada tiga teknik pengereman yang harus dipelajari. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silakan simak di bawah ini.

1. Teknik Threshold

Teknik rem pertama yang harus dipelajari adalah teknik threshold. Teknik pengereman yang satu ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal dengan akurasi sekitar 90 persen. Apabila teknik ini dilakukan, maka tekanan hanya mengambang atau tidak sampai mengunci. Teknik ini tentu saja sangat penting dipelajari guna memudahkan pengemudi ketika berbelok.

2. Teknik Stab

Teknik kedua yang harus dipelajari adalah teknik Stab. Teknik pengereman ini sangat cocok dilakukan oleh kendaraan yang menggunakan drum brake atau tromol. Caranya adalah dengan menekan pedal rem lalu lepaskan dan tekan lembali secara berulang dengan cepat. Teknik ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil dan dapat mencegah ban terkunci karena rem yang kuat.

3. Teknik Squeeze

Teknik yang terakhir adalah teknik squeeze. Teknik ini mirip dengan teknik pengereman Stab. Yaitu dengan menekan pedal rem, lepas, dan tekan kembali berulang-ulang. Namun yang menjadi pembeda adalah teknik ini dilakukan secara perlahan.

Faktor Engine Break

Selain dengan tiga teknik di atas, ada baiknya kamu juga menggunakan fitur engine brake yang sudah ada di beberapa mobil. Setelah kecepatan kendaraan sudah mulai turun, maka lakukan juga penurunan gear ke yang lebih rendah.

Selain keselamatan, teknik pengereman ini juga cukup penting untuk menjaga keawetan komponen yang terpasang di sistem pengereman mobil. Demikian tiga teknik pengereman mobil yang benar dan perlu kamu kuasai. Semoga bermanfaat.

Pos Terbaru

Melihat Kasus Mustang Shelby GT500, Simak Penyebab Mobil Terbakar

Penyebab Mobil Terbakar - Tragedi mengenaskan terjadi terhadap mobil Ford Mustang Shelby GT500 yang terbakar… Read More

27 Juli 2021

Modifikasi Kijang Super Menggunakan Velg HSR Wheel

Modifikasi Kijang Super - Kijang super atau biasa disebut dengan kijang Grand Extra ini adalah… Read More

26 Juli 2021

5 Penyebab Ban Mobil Aus dengan Cepat

Ban Mobil Aus - Seperti yang diketahui, ban adalah komponen yang sangat penting yang ada… Read More

24 Juli 2021

Modifikasi Avanza dengan Velg HSR, Makin Ganteng

Modifikasi Avanza - Avanza adalah mobil yang mungkin bisa disebut sebagai mobil sejuta umat. Mobil… Read More

23 Juli 2021

Bahaya Parfum Mobil yang Menempel di Kisi AC

Bahaya Parfum Mobil - Untuk kamu yang memiliki kendaraan khususnya mobil, pasti kondisi ruang kabin… Read More

22 Juli 2021

Modifikasi Brio dengan Velg HSR, Keren Banget

Modifikasi Brio - Honda Brio merupakan salah satu mobil yang masih ke dalam jenis Low… Read More

21 Juli 2021