Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil

Cara Mengerem Mobil – Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali diperhatikan secara serius. Salah satunya adalah pada saat kamu sedang menginjak gas tinggi dan pada momen tertentu kamu sebagai pengemudi harus melakukan pengereman.

Hal yang perlu kamu dan pengemudi mobil lain pada saat berkendara adalah proses pengereman tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terlebih dilakukan secara mendadak. Dalam melakukan pengereman mobil sendiri terdapat teknik yang harus dipelajarai oleh pengguna.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan ada banyak hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Salah satunya adalah kecelakaan dan menabrak mobil yang berada di depan. Dan tentunya bisa merusak komponen mobil apabila dilakukan secara terus-menerus.

Teknik dan Cara Mengerem Mobil

Dikutip melalui laman resmi Suzuki.co.id, pemilik mobil memang diwajibkan untuk mengetahui teknik pengereman pada saat mengendarai mobil. Setidaknya, ada tiga teknik pengereman yang harus dipelajari. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silakan simak di bawah ini.

1. Teknik Threshold

Teknik rem pertama yang harus dipelajari adalah teknik threshold. Teknik pengereman yang satu ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal dengan akurasi sekitar 90 persen. Apabila teknik ini dilakukan, maka tekanan hanya mengambang atau tidak sampai mengunci. Teknik ini tentu saja sangat penting dipelajari guna memudahkan pengemudi ketika berbelok.

2. Teknik Stab

Teknik kedua yang harus dipelajari adalah teknik Stab. Teknik pengereman ini sangat cocok dilakukan oleh kendaraan yang menggunakan drum brake atau tromol. Caranya adalah dengan menekan pedal rem lalu lepaskan dan tekan lembali secara berulang dengan cepat. Teknik ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil dan dapat mencegah ban terkunci karena rem yang kuat.

3. Teknik Squeeze

Teknik yang terakhir adalah teknik squeeze. Teknik ini mirip dengan teknik pengereman Stab. Yaitu dengan menekan pedal rem, lepas, dan tekan kembali berulang-ulang. Namun yang menjadi pembeda adalah teknik ini dilakukan secara perlahan.

Faktor Engine Break

Selain dengan tiga teknik di atas, ada baiknya kamu juga menggunakan fitur engine brake yang sudah ada di beberapa mobil. Setelah kecepatan kendaraan sudah mulai turun, maka lakukan juga penurunan gear ke yang lebih rendah.

Selain keselamatan, teknik pengereman ini juga cukup penting untuk menjaga keawetan komponen yang terpasang di sistem pengereman mobil. Demikian tiga teknik pengereman mobil yang benar dan perlu kamu kuasai. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan