Berita Otomotif

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil – Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali diperhatikan secara serius. Salah satunya adalah pada saat kamu sedang menginjak gas tinggi dan pada momen tertentu kamu sebagai pengemudi harus melakukan pengereman.

Hal yang perlu kamu dan pengemudi mobil lain pada saat berkendara adalah proses pengereman tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terlebih dilakukan secara mendadak. Dalam melakukan pengereman mobil sendiri terdapat teknik yang harus dipelajarai oleh pengguna.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan ada banyak hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Salah satunya adalah kecelakaan dan menabrak mobil yang berada di depan. Dan tentunya bisa merusak komponen mobil apabila dilakukan secara terus-menerus.

Teknik dan Cara Mengerem Mobil

Dikutip melalui laman resmi Suzuki.co.id, pemilik mobil memang diwajibkan untuk mengetahui teknik pengereman pada saat mengendarai mobil. Setidaknya, ada tiga teknik pengereman yang harus dipelajari. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silakan simak di bawah ini.

1. Teknik Threshold

Teknik rem pertama yang harus dipelajari adalah teknik threshold. Teknik pengereman yang satu ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal dengan akurasi sekitar 90 persen. Apabila teknik ini dilakukan, maka tekanan hanya mengambang atau tidak sampai mengunci. Teknik ini tentu saja sangat penting dipelajari guna memudahkan pengemudi ketika berbelok.

2. Teknik Stab

Teknik kedua yang harus dipelajari adalah teknik Stab. Teknik pengereman ini sangat cocok dilakukan oleh kendaraan yang menggunakan drum brake atau tromol. Caranya adalah dengan menekan pedal rem lalu lepaskan dan tekan lembali secara berulang dengan cepat. Teknik ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil dan dapat mencegah ban terkunci karena rem yang kuat.

3. Teknik Squeeze

Teknik yang terakhir adalah teknik squeeze. Teknik ini mirip dengan teknik pengereman Stab. Yaitu dengan menekan pedal rem, lepas, dan tekan kembali berulang-ulang. Namun yang menjadi pembeda adalah teknik ini dilakukan secara perlahan.

Faktor Engine Break

Selain dengan tiga teknik di atas, ada baiknya kamu juga menggunakan fitur engine brake yang sudah ada di beberapa mobil. Setelah kecepatan kendaraan sudah mulai turun, maka lakukan juga penurunan gear ke yang lebih rendah.

Selain keselamatan, teknik pengereman ini juga cukup penting untuk menjaga keawetan komponen yang terpasang di sistem pengereman mobil. Demikian tiga teknik pengereman mobil yang benar dan perlu kamu kuasai. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022