Cara Mengetahui Ukuran Ban Mobil yang Benar

Ukuran Ban Mobil

Ukuran Ban Mobil – Ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting yang ada pada sebuah mobil. Hal tersebut dikarenakan ban adalah satu-satunya komponen pada mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Fungsinya sendiri adalah untuk memudahkan mobil melaju dan juga sebagai penopang beban mobil itu sendiri.

Setiap mobil yang diproduksi memiliki ukuran ban yang berbeda-beda, untuk itu kamu perlu mengetahui ukuran ban mobil yang kamu miliki. Lalu, bagaimana cara melihat ukuran ban mobil yang benar agar tidak salah pilih dikemudian hari? Berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Cek Dinding Ban Mobil

Cara melihat ukuran ban mobil yang pertama adalah sengan melihat sisi terluar ban atau pada dinding ban. Produsen ban mobil sendiri pada umumnya sudah mencantumkan ukuran dan juga detail ban pada sebuah kode angka yang tercantum pada sisi luar ban itu sendiri.

Cara Mengetahui Ukuran Ban Mobil

Setiap angka dan juga huruf yang tercantum mewakili atau memiliki arti tentang detail ban itu sendiri. Ada yang memiliki arti ukuran ban, besar tekanan udara yang direkomendasi, hingga beban maksimak yang mampu ditahan oleh ban.

Pahami Arti Kode Ban Mobil

Untuk seseorang yang awam akan dunia otomotif khususnya mobil, mungkin kode-kode pada ban tersebut belum familiar dan juga membingungkan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menyimak penjelasan singkat tentang hal tersebut berikut ini.

Sebagai contoh, kita akan gunakan ban mobil Toyota Yaris dengan kode yang tercantum pada ban nya adalah 195/50 R16. Untuk angka 195 itu sendiri memiliki arti lebar dari tapak ban, ukuran ini dalam satuan millimeter (mm). Untuk angka 50 nya sendiri memiliki arti tinggi ban, yang artinya tinggi ban Yaris 50% dari tapak ban yang berukuran 195 mm.

Semakin kecil angka yang tercantum, maka jarak antara tapak ban dengan bibir velg akan semakin dekat. Sedangkan huruf R pada kode tersebut memiiki arti tipe dari ban itu sendiri yaitu Radial. Selain Radial, ada juga tipe ban bias atau diagonal serta tipe RFT (Run Flat Tyre). Dan terakhir angka 16 pada kode memiliki arti ukuran diameter velg yang digunakan dalam satuan inci.

Tambahan Kode Ban Mobil

Selain kode di atas, biasanya ada kode tambahan lain yang perlu kamu ketahui pada sebuah ban mobil. Kode ini biasanya mewakili detail kapasitas maksimum beban hingga kecepatan maksimum ban mobil. Berikut penjelasannya.

Kode angka yang diikuti huruf H seperti 95H memiliki arti bahwa kapasitas maksimum beban yang mampu ditahan oleh ban itu sendiri sesuai dengan Tire Load Index. Angka 95 pada kode tersebut menunjukkan bahwa masing-masing ban mampu menahan beban maksimal seberat 690 kg.

Untuk huruf H sendiri memiliki arti batas kecepatan maksimum ban. Kode H artinya adalah ban tersebut hanya bisa menembus kecepatan maksimum 210 km/jam. Selain kode H, ada juga kode S (180 km/jam), kode T (190 km/jam), dan Y (>300 km/jam).

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan