Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Dengan Mudah

Cara Ganti Ban Mobil

Bagi kamu yang saat ini sedang atau akan memiliki mobil, sebaiknya perlu mengetahui ilmu tentang bagaimana cara mengganti ban mobil sendiri. Karena hal tersebut bisa membantu kamu apabila saat diperjalanan ban mobil kamu tiba-tiba mengalami problem.

Terkadang, pengguna mobil harus menghadapi kejadian-kejadian yang tak terduga selama perjalanan. Misalnya saja seperti ban mobil yang mengalami kebocoran dan perlu diganti saat itu juga. Untuk hal tersebut, kamu memang bisa memanfaatkan jasa bengkel yang ada di sekitar lokasi. Namun, bagaimana jika di sekitarmu tidak ada sama sekali bengkel yang ditemui? Tentu saja kamu harus melakukannya seorang diri.

Ban mobil merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan roda dua, roda empat, maupun lebih. Ban juga menjadi komponen yang menyentuh langsung dengan permukaan jalan sehingga kondisinya harus selalu prima.

Inilah mengapa setiap pemilik kendaraan semestinya mengerti dan paham cara bagaimana mengganti ban mobil. Untuk mengetahui caranya, simak berikut ini :

Tahap Persiapan Cara Mengganti Ban Mobil

Sebelum melakukan penggantian ban mobil, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ban mobil mengalami kempis adalah tetap tenang. Selanjutnya, kamu perlu mencari lokasi yang aman untuk melakukan penggantian ban. Hal ini memang sedikit sulit dilakukan apabila keadaan ban yang sudah kempis parah, namun setidaknya kamu perlu parkirkan mobil kamu di sisi jalan untuk melakukannya.

Persiapan selanjutnya adalah pasang segitiga pengaman saat akan melakukan penggantian. Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 72 Tahun 1993 menyebutkan ketika kendaraan sedang berhenti maka kamu perlu memasang segitiga pengaman dengan jarak 4 meter dari kendaraan kamu baik di belakang kendaraan maupun di depan kendaraan.

Jangan lupa untuk nyalakan lampu hazard untuk memberi tahu pengguna jalan lain bahwa ada kendaraan yang sedang mengalami kondisi darurat.

Sebagai rangkumannya, berikut yang harus kamu siapkan ketika hendak mengganti ban mobil :

  • Tetap tenang saat mengetahui ban bocor maupun kempis
  • Cari tempat aman untuk mengganti ban
  • Pasang segitiga pengaman sebagai tanda kepada pengendara lain bahwa ada kendaraan yang mengalami kondisi darurat.
  • Nyalakan lampu hazard

Peralatan Untuk Ganti Ban Mobil

Berikut peralatan yang perlu kamu siapkan ketika akan melakukan penggantian ban mobil :

1. Kunci Roda

Kunci roda berguna untuk membuka baut yang ada pada roda mobil.

2. Dongkrak

Dongkrak dalam hal ini dibutuhkan untuk mengangkat body mobil dan menahannya selama kamu melakukan proses bongkar pasang ban mobil.

3. Ban Cadangan

Ban cadangan diperlukan untuk kamu gunakan sebagai ban pengganti yang sudah bocor atau kempis.

Setelah semua peralatan diatas sudah kamu siapkan, maka kamu bisa memulai melakukan proses penggantian ban yang dijelaskan dibawah ini :

Cara Mengganti Ban Mobil

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan ketika ingin mengganti ban mobil yang mengalami kempis ataupun bocor. Untuk selengkapnya bisa kamu simak berikut ini :

1. Mulai Dengan Kendurkan Baut pada Ban Mobil

Cara Mengganti Ban Mobil

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengendurkan baut ban dengan menggunakan kunci roda yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Lakukan dengan cara memutar baut berlawanan dengan arah jarum jam. Kamu hanya perlu mengendurkan semua baut roda dan jangan sampai terlepas, apalagi ban mobil sampai tercopot. Karena sebelum itu kamu perlu memasang dongkrak terlebih dahulu.

2. Pasang Dongkrak

Setelah semua baut ban sudah longgar, kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan memasang dongkrak. Caranya, pertama kamu pastikan bagian atas pada dongkrak menopang bagian mobil yang kokoh. Produsen kendaraan tentunya sudah membuat titik khusus sebagai tempat untuk memasang dongkrak, biasanya ada di sekitar kaki-kaki mobil.

Untuk berjaga-jaga, kamu perlu menaruh ban cadangan di bawah body mobil. Hal tersebut dilakukan sebagai bantalan untuk berjaga-jaga apabila tiba-tiba dongkrak mengalami gangguan yang mengakibatkan dongkrak gagal menopang body mobil.

Setelah semuanya aman, kamu bisa melakukan proses selanjutnya yaitu dongkrak hingga ban mobil yang akan dilepas menjadi terangkat dari aspal.

3. Lepas Ban yang Akan Diganti

Selanjutnya, kamu bisa memulai melepaskan ban yang akan diganti.Lepas semua baut yang sudah dikendurkan tadi, lalu simpan baik-baik di tempat yang aman. Kemudian tarik ban yang ingin diganti hingga keluar dari rumah roda.

Setelah ban terlepas, letakkan di bawah body mobil untuk menggantikan ban cadangan yang kini akan dipasang.

4. Pasang Ban Mobil Cadangan

Kemudian, pasang ban cadangan tadi untuk menggantikan ban yang sudah dilepas. Untuk melakukannya, kamu perlu memeriksa tekanan angina ban cadangan terlebih dahulu. Apakah sudah cukup ideal atau belum untuk digunakan.

Setelah semuanya aman, kamu bisa memulai memasangnya dengan cara masukkan ban ke rumah roda. Saat melakukannya, pastikan baut roda masuk dengan sempurna ke lubang yang ada pada pelek.

5. Kencangkan Baut

Setelah iu kamu perlu memasang baut-baut yang sebelumnya disimpan dengan aman. Caranya, putar baut roda searah jalur jam. Kencangkan sedikit demi sedikit secara bergantian dengan setiap baut. Pada tahap ini pastikan semua baut terpasang dengan kencang.

6. Lepaskan Dongkrak

Setelah ban terpasang dengan kencang dan baik, kamu bisa memulai untuk menurunkan pelan-pelan dongkrak hingga ban menapak seluruhnya di permukaan jalan. Simpan kembali dongkrak baik-baik di dalam mobil agar kamu tak sulit menemukannya di kemudian hari.

Sampai tahap ini sebenarnya proses penggantian ban mobil sudah selesai, namun sebelum melanjutkan perjalanan, baiknya kamu membereskan kembali segala peralatan yang sudah digunakan. Semoga Bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan