Kategori: Tips Otomotif

7 Cara Dongkrak Mobil Dengan Benar & Aman

Cara Dongkrak Mobil Dengan Benar – Dongkrak adalah sebuah alat bantu yang berfungsi untuk mengangkat badan mobil untuk lebih memudahkan proses ketika melakukan inspeksi pada bagian bawah kendaraan ataupun mengganti ban mobil. Secara teori, penggunakan alat bantu dongkrak mungkin terlihat sangat mudah, yaitu hanya meletakkan di bagian bawah mobil lalu pompa atau diputar tuasnya.

Cara Dongkrak Mobil Dengan Benar

Namun, hal tersebut ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Untuk lebih memahami perihal penggunaan dongkrak yang benar dan aman. Maka kamu perlu mengetahui cara dan langkahnya, berikut informasi terkait cara mendongkrak dengan aman dan benar yang dilansir oleh Suzuki Indonesia.

Pengecekan Permukaan Parkir

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan dongkrak pada mobil adalah memastikan mobil sudah terparkir pada tempat yang datar. Permukaan yang datar akan lebih mudah untuk proses penggunaan dongkrak.

Gunakan Rem Tangan

Supaya mobil tidak bergerak ketika sedang didongkrak, maka kamu perlu gunakan rem tangan. Bila perlu, gunakan balok ataupun batu untuk mengganjal ban pada setiap sisi agar tidak bergerak.

Pilih Dongkrak

Pastikan dongkrak yang digunakan bekerja dengan baik, dan juga pilihlah dongkrak yang sesuai dengan badan mobil. Salah satu contohnya adalah seperti dongkrak botol yang memang cukup sulit digunakan untuk mendongkrak mobil jenis sedan dan mobil lainnya. Untuk dongkrak buaya, jenis ini bisa digunakan pada semua jenis mobil. Namun memang bobot dongkrak jenis ini memiliki bobot lebih berat dan tidak praktis.

Cara Dongkrak Mobil Dengan Benar : Cari Titik Tumpu

Selanjutnya, pastikan titik tumpu dongkrak pada mobil sudh tepat dan juga kuat. Biasanya, titik tumpu pada mobil ini terletak dibagian antara batang garden didekat suspense, atau bagian bawah badan mobil sebagai rangka utamanya.

Baca Buku Panduan

Membca buku panduan adalah hal yang cukup penting untuk menggunakan dongkrak secara tepat. Lalu, selain itu dengan menggunakan cara ini kamu bisa menghindari selip pada mobil ketika hendak di dongkrak.

Jangan Dongkrak Mobil Lebih Dari 15cm

Jangan mendongkrak mobil lebih dari 15 cm, larangan ini penting untuk diketahui karena mobil bisa bergerak serta tergelincir apabila terlalu tinggi.

Hindari Tubuh Masuk ke Kolong

Memasukkan bagian tubuh ke dalam kolong mobil yang sedang didongkrak adalah hal yang sangat berbahaya. Terlebih jika mobil hanya mengandalkan dongkrak sebagai tumpuan utamanya. Jikapun perlu masuk ke dalam kolong mobil, maka pastikan menggunakan jack stand agar lebih aman.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu