Cara Menggunakan Dongkrak Sesuai Jenisnya

Cara Menggunakan Dongkrak

Cara menggunakan dongkrak sendiri mungkin memang terlihat mudah. Alat untuk mengungkit ban mobil ini memang didesain dan juga dirancang agar mudah untuk digunakan. Walaupun begitu, bukan berarti kamu bisa menggunakannya dengan sembarangan saja. Penggunaan dongkrak dengan cara yang tidak benar dapat merusak komponen mobil hingga membahayakan keselamatan diri sendiri.

Untuk itu, sebelum kamu menggunakan dongkrak, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenis dan fungsi dongkrak yang digunakan. Karena memang saat ini banyak sekali jenis dongkrak yang ada di pasaran. Masing-masing jenis pun berbeda untuk pemakaiannya.

Agar kamu aman ketika menggunakan dongkrak, berikut ini adalah cara menggunakan dongkak yang sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Jenis-Jenis Dongkrak

Setidaknya ada tiga jenis dongkrak yang wajib kamu ketahui dan paling umum digunakan. Yaitu ada dongkrak gunting, dongkrak botol, dan juga dongkrak lantai. Tiga jenis dongkrak ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Walaupun memang sama-sama dongkrak, namun cara pengaplikasiannya berbeda-beda.

Ini dikarenakan setiap dongkrak memiliki sistem kerja yang berbeda. Dongkrak gunting menggunakan sistem mekanis, lalu untuk dongkrak botol dan dongkrak lantai menggunakan sistem hidrolik.

Cara Menggunakan Dongkrak Sesuai Jenis

1. Dongkrak Gunting

Sesuai dengan namanya, dongkrak yang satu ini memiliki bentuk seperti gunting. Dengan bentuknya tersebut, dongkrak ini memiliki ukuran ringkas dan juga mudah untuk disimpan. Dongkrak gunting adalah sebuah dongkrak yang memiliki sistem mekanis dan menggunakan sistem ulir untuk membuat gerak naik dan turun.

Kebanyakan pabrikan mobil memang menyediakan dongkrak dengan jenis ini sebagai perangkat standar pada mobil.

Cara menggunakan dongkrak gunting ini tidak sulit. Kamu hanya perlu memutar ruas pengungkit yang ada, lalu gerakkan searah jarum jam untuk mengangkatnya. Dan untuk menurunkan dongkrak kamu hanya perlu memutarnya ke arah berlawanan.

2. Dongkrak Botol

Dongkrak botol ini memiliki bentuk botol namun berukuran kecil dengan tuas pengungkit. Berbeda dari dongkrak gunting sebelumnya yang menggunakan sistem ulir, dongkrak botol ini menggunakan sistem hidrolik.

Dengan adanya sistem hidrolik ini, maka kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup besar untuk menggunakan dongkrak ini. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengangkat lalu menekan tuas pengungkir dongkrak untuk menaikkan beban mobil. Sedangkan untuk menurunkan beban, kamu hanya perlu memutar pengunci hidrolik pelan-pelan dengan berlawanan arah jarum jam.

3. Dongkrak Lantai

Terakhir, ada dongkrak lantai atau biasa disebut juga dengan dongkrak buaya karena memang bentuknya menyerupai moncong buaya. Sama halnya seperti dongkrak botol, dongkrak lantai juga sudah menggunakan sistem hidrolik.

Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit, karena memang sudah dilengkapi dengan sistem hidrolik. Secara keseluruhan memang mirip dengan dongkrak botol, namun ukuran dongkrak lantai ini lebih besar dibandingkan dengan dongkrak botol.

Dan itu dia cara menggunakan dongkrak dengan berbagai jenisnya. Pahami jenis-jenis dongkrak untuk mengetahui cara penggunaannya dengan benar. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan