Cara Menggunakan Roof Rack yang Benar dan Aman

Ketika musim liburan mulai datang, pasti kamu akan segera memanfaatkan waktu tersebut buat berlibur, baik bersama keluarga atau teman. Pada momen itulah, pasti kamu dan yang lainnya memilih untuk berpergian dengan jarak yang jauh.

Namun, sebelum berpergian kamu perlu perhatikan dahulu barang bawaan yang akan kamu bawa selama berpergian nanti. Sebab, kamu pastinya tidak ingin perjalanan kamu menjadi tidak menyenangkan karena sempitnya ruang kabin yang terpakai untuk barang-barang.

Inilah Cara Menggunakan Roof Rack dengan Aman

Sebagai solusinya adalah kamu bisa menggunakan roof rack untuk membawa barang saat berpergian jauh. Saat ini banyak roof rack yang dijual di pasaran, mulai dari roof rack khusus untuk tipe mobil tertentu hingga roof rack universal yang bisa dipasang untuk semua jenis mobil.

Inilah Cara Menggunakan Roof Rack dengan Aman

Beberapa pemilik mobil memilih untuk menggunakan roof rack untuk membawa barang-barang. Meskipun telah memakai roof rack, kamu juga tetap harus memperhatikan baik-baik cara menggunakannya. Sebab, bisa berbahaya membawa barang dengan roof rack secara sembarangan. Berikut ini adalah cara menggunakan roof rack yang benar, agar perjalanan kamu terasa aman.

Klasifikasikan Barang yang Akan Dibawa

Sebelum berangkat berpergian, kamu perlu klasifikasikan barang yang akan dibawa. Dengan mengkalsifikasikan baeang bawaan bisa mempermudah kamu untuk menggunakan barang-barang selama perjalanan.

Pertama, kamu perlu pisahkan barang-barang pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan seperti handphone, charger, kamera, kaos ganti, hingga obat-obatan. Barang-barang ini bisa kamu letakkan dalam kabin. Kemudian, kamu pisahkan lagi barang-barang yang tidak kamu perlukan selama perjalanan. Barang-barang tersebut bisa kamu letakan di bagasi atau roof rack.

Kemas Barang dalam Satu Tas atau Kotak

Apapun jenis roof rack yang kamu pasang di mobil, pastikan kamu selalu menempatkan barang-barang dalam satu tas besar ataupun kotak plastik. Hal ini perlu dilakukan agar barang tidak terlalu menghabiskan tempat atau ruang.

Jangan Sampai Kelebihan Muatan

Ini adalah hal yang paling penting, sebab barang bawan yang kelebihan muatan bisa berpengaruh dengan kenyamanan da keselamatan penganra serta penumpang. Selain itu, kamu juga perlu ketahui tentang ketahanan atau daya tampung dari roof rack yang kamu gunakan.  Kamu juga wajib tahu bahwa roof rack merupakan bagasi tambahan, bukan untuk membawa barang-barang berat.

Tata Barang dengan Baik

Meskipun mobil kamu sudah memakai roof rack bukan berarti kamu boleh seenaknya menaruh barang bawaan. Sebab, penataan barang yang tepat bisa membuat kamu bisa membawa barang lebih banyak tanpa terlihat menumpuk. Selain itu, kamu perlu ingat membawa barang dengan roofrack, usahakan jangan lebih dari 60 cm.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan