Lampu Check Engine Hidup Terus? Begini Cara Menghilangkannya!

Cara Menghilangkan Check Engine

Check engine merupakan sebuah fitur yang berguna bagi pengemudi untuk memantau kondisi mesin. Apabila menyala terus menerus berarti kondisi mesin bermasalah. Sehingga pemilik kendaraan disarankan untuk segera membawanya ke bengkel terdekat.

Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya tutup bensin yang kurang pas pemasangannya, sensor oksigen rusak, catalytic converter rusak, filter udara sudah terlalu kotor, dan aki mobil bermasalah. Sehingga akan membuat kinerja lampu indikator check engine menjadi terganggu.

Lantas bagaimana cara menghilangkan check engine? Berikut ini tipsnya. Simak sampai selesai ya, teman-teman HSR Wheel!

4 Cara Menghilangkan Check Engine

Check engine yang terus menyala bisa menjadi tanda jika kondisi mesin bermasalah. Nah, untuk mengatasi lampu indikator ini menyala saat kamu sedang berkedara, lakukan 4 hal ini:

1. Segera Matikan Mesin Mobil

Hal pertama yang harus kamu lakukan apabila check engine menyala saat kamu sedang dalam perjalanan adalah dengan berhenti sejenak dan matikan mesinnya sampai 5 menit. Hal ini berguna untuk mendinginkan mesin. Setelah mesin agak dingin, coba hidupkan kembali mobil. Cek apakah lampu check engine masih tetap hidup atau tidak. Jika tidak, kamu bisa lanjutkan perjalanan.

2. Lepas Pasang Aki

Kamu juga bisa melepas aki mobil bagian negatifnya saja, untuk menghentikan check engine yang hidup terus. Lepas aki mobil dengan menggunakan kunci untuk membuka mur dan biarkan sampai 5 menit. Tujuannya untuk restart kembali sistem kompoter kendaraanmu, Sehingga jangan kaget apabila pengaturan radio akan kembali seperti semula.

Begini cara melepaskan aki mobil bagian negatif namun sebelum melepaskan aki mobil, pastikan mobil dalam keadaan mati:

  • Lepaskan kepala aki bagian negatif
  • Setelah terlepas, tekan klakson selama 30 detik guna menguras sisa listrik yang ada di kapasitor
  • Tunggu selama 15 menit
  • Pasang kembali kepala negatif aki dan kencangkan

Baca Juga: Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

3. Cek Kondisi Mesin

Bagi setiap pemilik mobil, wajib untuk selalu mengecek kondisi mesin. Tujuannya untuk menjaga performa mesin agar tetap stabil. Nah, apabila dipertengahan jalan lampu indikator check engine hidup terus, berhenti sejenak dan periksa kondisi mesin.

Bukan kap mesin, dan perhatikan kondisi mesin. Namun sebelum membuka mesin pastikan terlebih dulu  mesin sudah dalam kondisi dingin, agar tidak membahayakan kamu. Setelah itu, periksa bagian radiator, air radiator, kipas radiator, sistem AC, kabel aki, kabel busi, selang-selang, dan kabel-kabel lainnya. Mungkin saja lampu check engine hidup terus menerus karena ada kabel yang putus.

4. Scan Kondisi Mobil

Solusi paling ampuh untuk mengatasi masalah check engine yang menyala terus dengan melakukan scan. Dengan scan ke bengkel, kamu akan mengetahui permasalahan yang terjadi pada mobil kamu secara tepat. Dengan cara ini, masalah check engine akan segera beres.

Nah itu dia, solusi untuk mengatasi masalah check engine. Bagi kamu yang ingin modifikasi velg dan ban mobil, segera datang ke diler HSR terdekat di kota kamu dan nikmati berbagai manfaat yang tersedia. Mulai dari konsultasi gratis, gratis maintance, dan berbagai manfaat lainnya yang akan membuat perjalanan kamu semakin nyaman. Ditambah tampilan luar kaki-kaki mobil kamu menjadi terlihat lebih mempesona dan menarik dibandingkan sebelumnya. Segera konsultasikan permasalahan mobil kamu dan klaim manfaatnya sekarag juga!!

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan