Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Paling Ampuh!

Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil

Kaca mobilmu berembun saat berkendara di musim hujan? Hal itu tentu bisa menyebabkan kecelakaan jika tidak segera diatasi. Lantas mengapa saat musim hujan kaca mobil berembun? Apa penyebabnya?

Saat musim hujan, kaca mobil berembun karena udara di dalam kabin lebih tinggi daripada udara di luar kabin mobil sehingga terjadilah kondensasi pada kaca mobil.

Kaca mobil berembun disebabkan karena adanya perbedaan suhu pada bagian dalam dan luar kabin mobil.  Embun akan menempel pada kaca mobil bagian luar, apabila suhu pada bagian luar kabin lebih tinggi daripada bagian dalam kabin mobil. Namun, jika suhu di dalam kabin lebih tinggi daripada di luar kabin maka embun akan menempel pada kaca bagian dalam mobil.

Lantas bagaimana cara mengatasi embun yang menempel pada kaca bagian depan maupun belakang mobil? Agar tidak membahayakan keselamatan saat mengemudi. Berikut ini tips menghilangkan embun pada kaca mobil. Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Kaca Mobil Susah Dibuka? Begini Cara Mengatasinya

Tips Menghilangkan Embun di Kaca Mobil

Kaca mobil dapat berembun di pagi hari maupun malam hari ataupun saat musim hujan. Hal ini tentu sangat wajar karena adanya peristiwa kondensasi. Lantas bagaimana cara menghilangkan embun di kaca mobil tanpa AC? Berikut ini cara menghilangkan embun di kaca mobil:

1. Aktifkan Fitur Defogger/Defrost

Fungsi Defogger
Sumber: Shutterstock

Cara menghilangkan embun pada kaca mobil bisa dengan menghidupkan fitur defogger. Fitur defogger berguna untuk menghilangkan embun pada kaca mobil bukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kaca mobil. Letak defogger ada di bagian kaca depan dan belakang. Melalui fitur ini, pemilik kendaraan tidak perlu membersihkan embun pada kaca mobil secara manual.

Pemilik mobil hanya perlu menekan tombol defogger maka secara otomatis embun akan menguap karena adanya panas yang dihasilkan oleh fitur ini. Fitur defogger dinyalakan saat kaca mobil berembun saja, apabila sudah bersih maka segera matikan fitur ini. Jika tidak segera dimatikan bisa membuat kaca mobil menjadi retak karena adanya tekanan tinggi yang ditimbulkan oleh garis-garis kawat tersebut.

2. Resirkulasi Udara Dalam Mobil

Cara mengatasi embun di kaca mobil melalui Resikulasi Mobil

Salah satu cara menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menekan tombol sirkulasi udara. Biasanya fitur ini memiliki dua tombol sirkulasi udara dari luar dan sirkulasi udara dari dalam kabin. Dengan kamu mengaktifkan fitur ini maka udara yang terperangkap di dalam kabin mobil akan berganti dengan udara baru yang ada di luar kabin mobil. Dengan demikian udara di dalam kabin akan sama dengan udara di luar kabin. Sehingga akan mengurangi terjadinya embun pada kaca mobil.

3. Membuka Kaca Jendela Mobil

Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Tanpa AC
sumber: marius muresan-unsplash

Membuka kaca jendela mobil juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan embun. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan ketika hujan deras. Saat kamu membuka kaca mobil maka udara dari luar kabin mobil akan masuk ke dalam kabin. Sehingga suhu di luar dan di dalam mobil akan sama dan cara ini bisa mengurangi terjadinya kondensasi. Apabila sudah tidak ada embun maka kamu bisa menutup kembali jendela mobil agar AC mobil bisa berjalan kembali secara maksimal.

4. Turunkan Suhu Dalam Kabin Mobil

Fitur Sikulasi

Cara menghilangkan embun pada kaca mobil juga bisa dengan menurunkan suhu tekanan pada bagian dalam  kabin mobil. Embun pada kaca mobil disebabkan karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar kabin mobil. Dengan menurunkan suhu dalam kabin mobil, embun pada kaca mobil bisa hilang. Selain itu, kamu juga bisa mengatur suhu kipas agar sirkulasi udara bisa lebih maksimal.

5. Nyalakan Fitur Wiper

Fungsi Wiper Untuk Mengatasi Kaca Berembun

Cara menghilangkan embun pada kaca mobil juga bisa dengan mengaktifkan fitur wiper. Fungsi dari fitur wiper adalah untuk membersihkan kaca mobil saat hujan maupun berkabut secara otomatis. Dengan begitu, embun pada kaca mobil akan berkurang secara perlahan. Namun, kamu harus memastikan bahwa wiper berjalan secara perlahan agar tidak menganggu pengliatanmu,

6. Menggunakan Sampo Rambut

Cara menghilangkan embun pada kaca mobil juga bisa dengan menyemprotkan sampo pada kaca mobil. Namun sebelum menyemprotkan pada kaca mobil, sebaiknya sampo dituangkan terlebih dahulu pada botol kecil dan dicampur dengan air. Setelah itu, semprotkan pada kaca mobil dan usap dengan kain sintetis yang sedikit lembab dengan arah lurus menyamping dan searah.

Baca Juga: Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan