5 Cara Menghitung Konsumsi BBM

Cara Menghitung Konsumsi BBM

Cara Menghitung Konsumsi BBM – Banyak pabrikan mobil yang mengklaim memproduksi mobil irit dalam penggunaan bahan bakar. Tentu saja hal tersebut sangat menggiurkan bagi masyarakat yang awam. Namun, benarkan mobil-mobil tersebut irit bahan bakar? Untuk mengetahuinya maka lakukan lah penghitungan manual konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan oleh mobil.

Untuk sebagian orang mungkin sudah memahami bagaimana  cara menghitung konsumsi BBM yang benar. Namun ada juga sebagian orang yang belum mengetahui cara perhitungan manual ini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mobil yang kamu gunakan termasuk ke dalam kategori mobil irit atau boros.

Cara Menghitung Konsumsi BBM

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan penghitungan konsumsi BBM kendaraan, yaitu salah satunya dengan metode full to full. Untuk mengetahui cara penghitungannya, berikut bisa kamu simak di bawah ini :

Isi Full Tangki BBM

Cara menghitung konsumsi bahan bakar yang pertama adalah dengan mengisi penuh tangka BBM. Ada baiknya lakukan pengisian full tank ini pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas, hal ini diperlukan agar kamu dapat menghitung pemakaian selama mobil digunakan seharian. Selain itu, kamu juga dapat mencatat berapa kilometer yang sudah ditempuh selama tangka bbm di isi penuh.

Catat Angka di Odometer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, apabila ingin mengetahui konsumsi bahan bakar mobil kesayangan, maka sebaiknya catat angka yang ada di odometer. Untuk lebih mudah kamu bisa memberi lambang huruf Y untuk kilometer akhir, X untuk kilometer awal, dan Z untuk indikator konsumsi BBM.

Untuk contoh disini kita akan mengambil angka 4.000 Km untuk kilometer awal, 4.500 untuk kilometer akhir, dan 35 Liter untuk indikator konsumsi BBM. Berikut cara penghitungannya :

X = 4.000 Km (kilometer awal)

Y = 4.500 Km (kilometer akhir)

Z = 35 Liter

Untuk rumusnya adalah : (Y – X) / F = Hasil Km/Liter

Cara menghitung : (4.500 – 4.000) / 30 = 16,6 Km / liter.

Hasil 16,6 km/liter adalah hasil rata-rata dari jarak tempuh mobil kamu. Sebaiknya lakukan hal ini hingga dua atau tiga kali untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Lakukan Rutinitas

Untuk mengetahui konsumsi bahan bakar mobil, tentu saja kendaraan perlu digunakan secara rutin dan biasanya. Contohnya untuk berangkat kerja, kuliah, ataupun melakukan perjalanan jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk menghitung konsumsi BBM ketika dilakukan secara rutin dan harian. Dari situ, nantinya kamu akan mendapat rata-rata pemakaian bahan bakar.

Isi Kembali Bahan Bakar

Walaupun di awal sudah diberi tahu untuk melakukan pengisian penuh. Namun kamu juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan mengisinya kembali. Apabila mobil sudah digunakan seharian, nantinya ketika pengisian BBM kedua kamu dapat mengetahui berapa selisih pemakaian bahan bakar dan bisa lakukan perbandingan. Hal ini yang akan membuat kamu menjadi mengetahui kendaraan yang kamu gunakan termasuk golongan irit atau tidak.

Gunakan Oli Sintetis

Cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar adalah dengan menggunakan oli sintetis. Perlu diketahui bersama, oli sintetis ini dapat digunakan untuk menghemat bahan bakar hingga 5% besarnya, dan tentu saja akan membuat pengeluaran bahan bakar kamu menjadi lebih irit.

Dan itu dia beberapa cara menghitung konsumsi BBM yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi, selain dari informasi pabrikan bahwa mobil yang kamu miliki adalah mobil irit, kamu juga bisa melakukan pengecekan manual dengan mudah untuk membuktikannya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan