Berita Otomotif

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik dan Biayanya!

Cara kerja mobil listrik tentu berbeda dengan mobil konvensional atau mobil bensin. Cara kerja mobil listrik  menggunakan baterai yang akan dialirkan untuk menggerakkan roda mobil. Sementara cara kerja mobil konvensional atau bensin menggunakan bahan bakar minyak untuk beroperasi. Sehingga mobil listrik lebih ramah terhadap lingkungan daripada mobil bensin karena tidak perlu adanya pembakaran dari dalam mesin.

Keunggulan mobil listrik lainnya adalah biaya pengisian daya, maka dari itu mobil listrik lebih murah dari mobil bensin. Karena listrik merupakan sumber energinya, maka untuk menjalankan mobil listrik harus dengan proses charge. Kamu bisa melakukan charge di rumah atau stasiun pengisian mobil listrik yang disediakan pemerintah. Berikut ini cara mengisi baterai mobil listrik di Indonesia. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Artikel Selanjutnya: Mobil Listrik VS Mobil Bensin, Kamu Pilih Yang Mana?

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Dalam mengoperasikan mobil dengan tenaga listrik, perlu adanya pengisian baterai. Terdapat tiga cara pengisian baterai mobil listrik yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Simak ulasan arikel di bawah ini sampai habis ya!

1. Home Charging

Home Charging Mobil Listrik (Sumber: Otomotif Kompas)

Cara pengisian daya baterai ini sering disebut juga sebagai wall charger. Cara pengisian daya baterai ini dilakukan di rumah dengan bantuan teknisi. Daya yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian secara maksimal sekitar 7.200 Watt.

Apabila lebih rendah daripada besaran yang telah ditentukan, maka akan membuat pengisian menjadi kurang maksimal dan membutuhkan waktu lebih lama dalam proses charging. Dalam mengisi daya baterai menggunakan metode ini, butuh waktu 5-6 jam agar baterai terisi penuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menambah kapasitas tegangan listrik di rumah.

2. Quick Charging

Fast Charging Mobil Listrik (Sumber: Ekoonomi dan Bisnis)

Quick charging atau biasa dikenal sebagai fast charging merupakan pengisian daya baterai tercepat. Pengisian daya baterai ini menggunakan daya baterai sekitar 20 kW bahkan sampai 150 kW. Pengisian dengan quick charging biasanya menggunakan alat charger khusus yang biasanya tersedia di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sampai 80 persen sekitar 15 hingga 45 menit.

3. Standard Charging

Standard Charging Mobil Listrik (Sumber: Hyundai Mobil)

Cara mengisi daya baterai selanjutnya menggunakan metode standard charging. Metode ini dilakukan di dalam rumah dengan daya baterai yang dibutuhkan sebesar 3.3 kW. Metode pengisian standard charging hampir sama dengan home charging.

Perbedaannya hanya terletak pada waktu pengisian dan daya baterai yang dibutuhkan. Pengisian dengan cara standard charging hanya membutuhkan alat charger berupa adaptor yang nanti tinggal dicolokan ke soket listrik rumah. Lama waktu pengisian baterai sampai penuh sekitar 15 jam.

Biaya Charging Mobil Listrik

Biaya Charging Mobil Listrik (Sumber: Wuling)

Biaya pengisian daya baterai mobil listrik lebih hemat daripada mobil bensin. Biaya yang diperlukan biasanya sekitar Rp1.650 per kWh sampai Rp2.466 per kWh. 1 kWh dapat menempuh jarak sampai 5,1 km, sehingga kamu bisa menempuh jarak 112,5 km untuk sekali pengisian. Biaya ini merupakan biaya pada stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

Sedangkan biaya untuk mengisi mobil listrik di rumah ditentukan sesuai dengan harga per kWh listrik rumahmu. Hal lainnya yang menjadi penentu adalah besar arus maksimal charger, lama pengisian mobil, dan besar tegangan listrik. Di daerah DKI Jakarta, harga per kWh biasanya Rp 1444.

Nah itu dia, cara mengisi mobil listrik yang perlu kamu tahu beserta biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu, kamu akan bisa memperkirakan kebutuhan mobil tersebut saat kamu telah membelinya,

Artikel Terbaru

Modifikasi Calya Silver Agar Terlihat Racing Dengan Velg HSR

Toyota Calya merupakan salah satu mobil LCGC yang paling laris di pasaran Indonesia. Mobil ini… Selengkapnya

2 Desember 2022

Ingin Beli Calya? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Toyota Calya merupakan salah satu mobil LCGC yang paling famous dan banyak peminatnya dibanding mobil… Selengkapnya

1 Desember 2022

Ingin Calya Kamu Tampil Lebih Sporty? Ini Dia Tips Modifikasinya!

Skema Toyota Calya 2021 mirip dengan beberapa model mobil Toyota lainnya. Calya 2021 sendiri memiliki… Selengkapnya

30 November 2022

Velg Alloy Mobil: Definisi, Jenis-jenis, Kelebihan, dan Kelemahan

Velg alloy mobil merupakan velg yang terbuat dari beberapa material, seperti aluminium, tembaga, titanium dan… Selengkapnya

29 November 2022

5 Velg Mobil Yang Akan Membuat Honda BRV Kamu Tampil Lebih Beda!

All New Honda BRV adalah mobil yang masuk ke dalam segmen Low Sport Utility Vehicle… Selengkapnya

26 November 2022

Rekomendasi Merek Ban Mobil Honda Jazz Terbaik

Ban mobil merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan… Selengkapnya

25 November 2022