Cara Menyetir Mobil Manual yang Mudah Bagi Pemula

Cara Mengemudi Mobil Manual

Untuk kamu yang ingin belajar cara menyetir mobil , mulailah dengan belajar menggunakan mobill tipe manual. Karena jika kamu sudah handal dalam mengendarai mobil manual, maka untuk mengendarai mobil matic pasti akan terasa jauh lebih mudah.

Namun, tak sedikit orang yang enggan belajar mengendarai dengan menggunakan mobil manual. Alasannya, mobil manual dianggap susah, terutama pada saat menyeimbangkan injakan kaki pada pedal kopling dan gas. Padahal, mobil manual tak sesulit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Kenali Fitur-Fitur Mobil Sebelum Mulai Belajar Cara Menyetir Mobil

Mengenali fitur-fitur yang ada pada mobil kamu adalah hal pertama yang seharusnya kamu lakukan. Karena setiap brand mobil memproduksi mobilnya dengan fitur yang berbeda-beda. Seperti tuas lampu sign yang berada di sebelah kanan kemudi, tapi ada juga yang berada di sebelah kiri kemudi. Hal-hal seperti inilah yang harus kamu pahami agar nanti tidak kebingungan di tengah perjalanan mengendarai mobil manual. Selain itu, cek juga fungsi klakson, tombol lampu hazard, hingga rem tangan.

Selain fitur-fitur pada mobil, mengerti perpindahan persneling atau gigi mobil juga tidak kalah penting untuk dipelajari. Kamu harus hapal cara memasukkan gigi mobil dari posisi netral ke angka 1-5, ada pula posisi “R” untuk membuat mobil mundur.

Menyeimbangkan Kopling dan Gas

Bagi sebagian orang, menyeimbangkan posisi kaki adalah hal yang sulit untuk dipelajari. Karena hal ini lah membuat banyak orang ogah untuk belajar mengendarai mobil manual. Menyeimbangkan kopling dan gas adalah kunci dari kelancaran mengendarai mobil manual. Saat hendak menjalankan mobil, posisikan kaki kiri pada pedal kopling dan kaki kanan pada pedal rem. Dan pastikan tangan kiri berada pada posisi memegang rem tangan.

Secara perlahan, turunkan rem tangan dan lepas kopling secara bersamaan. Kaki kanan juga ikut dilepas dari pedal rem. Pelan-pelan mobil akan mulai bergerak. Jika momentum sudah dirasakan, injak gas pelan-pelan. Pada saat awal belajar, mesin mobil mungkin akan sering mati mendadak dikarenakan pelepasan kopling dan penginjakan pedal gas yang tidak seimbang. Hal tersebut memang membutuhkan waktu, tapi kamu harus membiasakannya hingga lancar.

Gunakan Putaran Mesin Rendah Saat Pindah Gigi

Saat sudah mulai lancar menyeimbangkan pedal gas dan kopling, maka sekarang kamu harus membiasakan diri untuk memindahkan gigi. Untuk hal ini, kamu dianjurkan untuk memindahkan gigi saat mobil berada pada putaran mesin rendah. Namun tidak berarti kamu tidak boleh memindahkan gigi mobil saat putaran mesinnya tinggi. Hal tersebut dilakukan karena dapat membantu kamu memiliki mental mengemudi yang lebih halus.

Berlatih Memutar Setir Kemudi

Setelah hal-hal diatas sudah berhasil kamu kuasai. kini kamu bisa lebih fokus dalam mengontrol kemudi. Biasanya, ketika sudah tahu cara mengendarai mobil manual, banyak orang kurang memperhitungkan gerak ban mobil. Alhasil, mobil pun belok terlalu melebar atau justru kurang.

Untuk berlatih kemudi setir, kamu tidak harus berlatih di jalan raya. Kamu bisa melakukannya di lapangan terbuka atau di jalanan perumahan kamu. Ketika mobil berbelok, putar stir secara halus. Lalu rasakan ketika mobil mulai menikung atau berbelok, jika merasa kurang belok atau menikung, tambah putaran seirnya. Ketika mobil sudah hampir sejajar dengan garis jalan, kamu bisa menahan putaran setir dan putar kembali setir ke arah berlawanan.

Mempelajari cara menyetir mobil manual memang membutuhkan usaha dan waktu yang banyak. Praktikan hal-hal diatas secara rutin agar kamu bisa segera lancar menguasai mobil manual.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan