Cara Menyetir Mobil Matic yang Aman Bagi Pemula

Cara Menyetir Mobil Matic

Cara menyetir mobil matic memang berbeda dengan mobil manual. Oleh karena itu, bagi kamu yang sebelumnya tidak terbiasa untuk mengendarai mobil matic maka akan merasa kaku saat mengendarainya.

Mobil keluaran terbaru saat ini sebagian besar memang memiliki transmisi matic. Hal tersebut merupakan jawaban dari produsen kendaraan roda empat mengenai keresahan masyarakat akan kepraktisan dan kemudahan dalam pengoprasian roda empat. Memang dengan teknologi serba automatic ini mobil akan menjadi mudah dioperasikan dan tingkat keamanannya juga lebih tinggi. Namun, saat kamu berkendara kamu perlu benar-benar mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil matic dengan benar dana man. Untuk itu berikut dasar-dasar yang perlu kamu ketahui :

Cara Menghidupkan Mesin Mobil Matic Sebelum Menyetir

Menghidupkan mesin mobil matic berbeda dengan menghidupkan mesin mobil manual, Bila mobil manual, kamu hanya perlu memutar kunci lalu menekan starter. Maka untuk mobil matic kamu harus memindahkan terlebih dahulu posisi tuas ke posisi P baru mobil akan menyala.

Perhatikan Gas dan Rem

Sebelum menjalankan mobil dan akan menggeser tuas dari P ke posisi R atau D kamu perlu menginjak rem terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk menghindari adanya gesekan antar komponen agar tidak cepat aus.

Mulai Menjalankan Mobil

Perlu diketahui, tuas R (return) berfungsi untuk berjalan mundur. Dan tuas D (drive) untuk berjalan maju. Saat mobil sudah berjalan kamu dianjurkan terlebih dahulu melaju dengan kecepatan antara 20-30 km/jam. Adapun ketika kamu sudah terbiasa dan ingin meningkatkan kecepatan kamu bisa menggeser posisi tuas dari D1 ke D2 ataupun D3.

Untuk melewati medan tanjakan, kamu bisa memanfaatkan beberapa mode. Seperti tanjakan sedang, kamu bisa menggunakan mode D untuk melewatinya. Sedangkan untuk tanjakan yang tinggi, kamu bisa menggunakan mode L. Jangan lupa untuk menginjak pedal rem untuk menetralisisir gesekan antar mesin.

Cara Menyetir Mobil Matic di Kondisi Macet

Saat melakukan perjalanan dan menemukan titik kemacetan, pengguna mobil matic biasanya akan sangat diuntungkan dalam hal kenyamanan. Karena kamu hanya perlu menahan rem saja agar mobil berhenti selama terjebak kemacetan. Apabila macet berlangsung lama, kamu bisa memindahkan tuas ke posisi N agar tidak terlalu lama untuk kamu menginjak rem.

Dan itu dia bagaimana cara menyetir mobil matic dengan benar dan juga aman. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan