Info Velg Mobil

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban akan mengancam keselamatan penumpang mobil. Seperti yang dikutip pada laman kompas.com bahwa banyak kasus kecelakaan akibat kebocoran dari komponen yang satu ini. Oleh karena itu penting sekali untuk kamu selalu mengecek kondisi ban kendaraan mobilmu sebelum berpergian khususnya jika kamu ingin pergi jauh. Selain mengecek kondisi ban setiap hari, kamu juga harus tahu bagaimana cara merawat ban kendaraan mobil agar lebih awet.

Di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara merawat ban kendaraan mobilmu agar tetap awet.

Baca Juga: Tips Merawat Ban Ketika Musim Banjir

Ban by HSR Wheel

Berikut Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Seluruh komponen mobil perlu kamu rawat agar performa kendaraan mobil kamu tetap lancar tanpa terkecuali pada komponen ban. Meski berada di bagian bawah namun ban merupakan komponen paling penting untuk kendaraan mobilmu. Karena jika ban kamu bocor atau kembes maka akan mengganggu keselamatan kamu dan orang-orang yang berada di dalamnya. Berikut cara merawat ban kendaraan mobil agar tetap prima:

1. Cara Merawat Ban Yaitu Memeriksa Tekanan Angin Ban  

Memeriksa tekanan angin ban sebelum kamu mengendarai mobil merupakan hal terpenting yang harus kamu lakukan. Karena jka kondisi bannya kembes atau bocor maka akan mengurangi kestabilan laju kendaraanmu. Selain itu, memeriksa tekanan angin ban merupakan salah satu cara agar ban kendaraan mobilmu tetap awet.

Selalu pastikan bahwa tekanan angin pada ban kendaraanmu sesuai dengan rekomendasi dealer saat kamu membeli mobil. Jangan sampai kurang dan lebih. Karena sangat bahaya sekali jika kondisi bannya terlalu keras atau sebaliknya, maka akan mengancam keselamatan kamu.

Saat tekanan angin bannya kurang akan mengakibatkan penggunaan BBM meningkat dari yang biasanya. Sedangkan saat tekanan bannya terlalu keras mengakibatkan permukaan ban menjadi cepat halus. Sehingga bisa membahayakan nyawa kamu dan orang-orang di sekitar.

2. Lakukan Balancing & Spooring

Selain memeriksa tekanan angin pada ban, kamu juga harus memeriksa keseimbangan ban. Lakukan balancing dan spooring secara berkala. Tujuannya untuk memastikan kenyamanan dan keamanan kamu saat berkendara.

Balancing dan spooring dapat dilakukan saat kamu mengganti ban, ban bergetar saat mencapai kecepatan tertentu dengan adanya gejala mobil menarik ke arah kiri atau kanan saat berkendara, dan rotasi mobil.

3. Selalu Rutin Mengecek Kondisi Ban

Perlu sekali, kamu melakukan pengecekan kondisi ban secara rutin sehingga dan perlu pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi ban. Kamu perlu melihat kondisi ban secara cermat. Jika terdapat sayatan atau benjolan pada dinding ban maka kamu perlu hati-hati. Kerena bisa mengurangi daya tahan ban dan bisa menyebabkan ban meledak.

4.  Selalu Pastikan Bahwa Tutup Pentil Selalu Terpasang

Hal ini mungkin terdengar sangat sepele namun sering kali kamu lupa untuk melakukannya setelah kamu mengisi angin. Entah karena kamu memang benar-benar lupa atau kamu terburu-buru.

Kondisi pentil yang terbuka, bisa mengurangi tekanan ban kendaraanmu dan dapat mengakibatkan kebocoran pada ban.

5. Cara Merawat Ban Mobil Yaitu Merotasi Ban

Merotasi ban juga merupakan salah satu hal yang dapat kamu lupakan sebagai pengguna mobil. Merotasi ban secara rutin dapat memperpanjang umur pemakaian ban.

Ban depan biasanya cepat sekali gundul karena sering terjadi gesekan. Nah sebelum kondisi banmu gundul, maka kamu wajib merotasi ban setiap 7.500 sampai 10.000 km.

6. Selalu Bersihkan Tapak Ban Dari Batu Secara Rutin

Alangkah baiknya kamu membersihkan tapak ban dari batu. Karena batu tersebut dapat melukai telapak ban. Jika kamu biarkan terus menerus maka bisa melukai lapisan dasar ban, menyebabkan korosi ban, dan bisa menyebabkan ban cepat pecah.

Bagaimana nih, setelah kamu mengetahui cara merawat ban kendaraanmu. Jika kamu ingin ganti ban, kamu bisa banget belanja ke toko HSR Wheel terdekat di kotamu atau kamu bisa membelinya di marketplace. Toko HSR Wheel merupakan toko ban ternama yang ada di Indonesia dan kualitasnya sudah terjamin.

Baca juga artikel: 4 Penyebab Rem Mobil Macet yang Perlu Diketahui

 

Artikel Terbaru

Mobil Termurah di Indonesia Cuma 100 Juta

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil termurah di Indonesia pada masa kini. Daihatsu Alya… Selengkapnya

28 Mei 2022

Rekomendasi Velg All New Avanza Agar Tambah Gahar

Avanza merupakan salah satu mobil idaman bagi masyarakat Indoesia. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap,  Harga… Selengkapnya

28 Mei 2022

Sunroof Bocor? Apa Sebabnya?

Sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak di atap mobil. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari… Selengkapnya

27 Mei 2022

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi… Selengkapnya

26 Mei 2022

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan… Selengkapnya

26 Mei 2022

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022