Cara Merawat Bodi Mobil Sendiri Dengan Mudah

Cara Merawat Bodi Mobil

Cara Merawat Bodi Mobil – Selain area mesin dan juga interior, bodi mobil juga perlu dirawat untuk menjaga tampilannya tidak kusam dan tetap segar untuk dipandang. Bodi mobil yang tidak dirawat tampilannya tentu akan meninggalkan noda kusam dan kotoran yang mengendap.

Cara Merawat Bodi Mobil Sendiri

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, ada beberapa cara merawat bodi mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Cuci Bagian Bodi Mobil Hingga Bersih

Setelah dicuci, pastikan bodi mobil sudah kering sempurna agar tidak muncul water spot atau jamur di bodi atau pun kaca mobil. Termasuk juga bagian kolong mobil perlu dicek untuk menghindari timbulnya karat menyebalkan. Periksa bagian yang menampung air seperti panel pintu, wiper, tutup tangka, gril depan, hingga foglamp.

2. Hilangkan Noda Bandel

Jangan lupa periksa mobil dari risiko terkena noda akibat imbas polusi udara, aspal, hingga serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda untuk mebersihkannya, jangan sekali-kali dicungkil karena bisa membuat baret pada bodi mobil. Untuk kaca sendiri bisa memanfaatkan glass cleaner untuk menghindari kabur. Cairan ini juga bisa melapisi kaca dengan perlindungan seperti air di daun talas.

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan mulai bersihkan dengan air bersih yang mengalir beserta sabun pembersih. Gunakan juga vacuum cleaner untuk memberishkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan juga dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok. Celah-celah tersebut berpotensi menyimpan kotoran dari remahan makanan, termasuk area bagasi.

Hindari menyemprotkan air dengan tekanan tinggi pada ruang mesin, terutama di bagian yang memiliki kelistrikan. Ada baiknya cukup gunakan lap basah saja untuk mengangkat kotoran yang menempel.

4. Poles Bodi Mobil

Memoles bodi mobil ini dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan juga membuat permukaannya bersih dan berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan juga biasanya dilakukan waxing untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung yang dapat menahan paparan sinar matahari.

5. Periksa Kondisi Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil juga perlu kamu cek kondisinya secara rutin. Apabila terdapat baret atau penyok, maka segera tandai panel bodi yang memiliki baret tersebut. Hal ini agar kamu bisa mengetahui bagian apa yang perlu diperbaiki agar bisa segera ditangani oleh bengkel bodi mobil kepercayaan kamu.

Demikian cara merawat bodi mobil sendiri dengan mudah yang wajib kamu ketahui sebagai pemilik kendaraan. Ikuti langkah di atas untuk menjaga kondisi mobil kamu secara prima. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan