Cara Merawat Karet Pintu Mobil yang Benar

Karet Pintu Mobil

Pintu mobil adalah salah satu komponen yang cukup penting pada sebuah mobil, kehadirannya sendiri paling sering digunakan setiap kali mengendarai mobil. Area pintu mobil sendiri terdapat list karet panjang yang mengelilingi daun pintu, ini berfungsi sebagai peredam suara ketika buka-tutup pintu.

Banyak juga yang melakukan modifikasi atau merubah karet mobil nya menjadi produk aftermarket. Hal ini dilakukan guna menambah tingkat kekedapan suara kabin mobil.

Ketika karet pintu sudah lama dipakai dan tidak terawat, maka fungsinya sendiri akan berkurang dan perlu dilakukan penggantian. Adapun ciri karet pintu mobil sudah berkurang performanya bisa kamu lihat dari tekstrunya yang keras dan juga tidak elastis lagi.

Untuk lebih jelasnya terkait ciri karet pintu harus diganti adalah yang pertama, bentuknya sudah berubah jadi gepeng. Kurang kedap suara di kabin, terdengar suara angina layaknya siulan. Terakhir adalah bisa dilihat dari fisiknya yang mulai rusak. Apabila ciri-ciri tersebut sudah tampak terlihat, maka ada baiknya ganti dengan komponen baru guna mengembalikan fungsinya.

Perlu kamu ketahui, ketika kamu menutup pintu mobil dan mendengar suara besi seperti beradu, maka bisa dipastikan bahwa karet pada mobil mulai berubah bentuk menjadi gepeng. Ketika karet pintu mobil ini mengalami gangguan atau rusak maka bisa dipastikan air yang berasal dari luar bisa sangat mudah masuk ke dalam kabin mobil.

Cara Merawat Karet Pintu Mobil

Untuk membantu karet lebih tahan lama dan awet maka ketika parkir usahakan cari tempat parkir yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat karet tidak cepat kering dan bisa tahan lebih lama.

Kemudian hindari juga kontak langsung dengan karet pada saat keluar masuk mobil. Karena dengan karet yang terkena sentuhan atau gesekan akan membuat karet yang menempel menjadi mudah robek.

Biasakan Bersihkan Kotoran

Kamu sebagai pemilik kendaraan perlu rajin untuk membersihkan kotoran yang menempel di karet mobil. Caranya adalah dengan mencuci dan membersihkan sela-sela lekukan pada karet. Gunakan lah air bersih untuk merontokkan kotoran yang menempel, atau kamu bisa memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan