Cara Merawat Mobil Mesin Turbo Dengan Mudah

Mobil Mesin Turbo

Mobil mesin turbo memang memiliki kelebihan di sisi performa yang kuat namun dengan penggunaan bahan bakar yang tetap efisien. Tentu saja perawatan antara mobil dengan mesin turbo dan non turbo memiliki perbedaan. Untuk mesin turbo sendiri perawatannya cukup mudah bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Sebagai informasi tembahan, cara kerja komponen turbo adalah dengan memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin kendaraan untuk memutar baling-baling turbin. Dari proses itu bisa menghasilkan udara yang sudah terkompresi dalam jumlah yang banyak.

Udara dari turbo ini kemudian akan didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin. Hal ini bisa membantu proses pembakaran bahan bakar sehingga dapat bekerja secara maksimal. Hasilnya tentu saja bisa meningkatkan performa pada saat mobil dipacu dan tetap efisien dari segi penggunaan bahan bakar.

Cara Merawat Mobil Mesin Turbo

Untuk kamu yang ingin merawat mobil emsin turbo, setidaknya kamu perlu memahami beberapa langkahnya. Berikut simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Langkah perawatan mesin turbo yang pertama ini adalah cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri. Yaitu dengan menggunakan bahan bakar yang tepat dan juga sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Kendaraan dengan mesin turbo bisanya menggunakan bensin dengan RON minimal 92. Penggunaan bensin yang sesuai ini bisa membantu sistem pembakaran untuk bekerja secara optimal.

2. Periksa & Ganti Oli Mesin

Oli mesin memang menjadi salah satu cairan paling penting di dalam mobil karena memiliki peran vital dalam sistem mesin yaitu untuk melindungi mesin dari keausan akibat adanya gesekan antar komponen. Oli mesin juga berfungsi untuk membantu dalam menjaga suhu mesin mobil dan membersihkan kerak yang muncul di dalam mesin.

Kamu sebagai pemilik mobil mesin turbo bisa melakukan pengecekan volume oli mesin dan juga kualitasnya melalui dipstick yang bisanya terdapat di mesin. Apabila volume oli sudah mulai berkurang dan kondisinya sudah kerus, kamu bisa datang ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan penggantian oli mesin.

3. Rutin Bersihkan Filter Udara

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, mobil dengan mesin turbo sangat bergantung dengan udara bersih yang masuk ke dalam turbin. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil kamu harus melakukan pembersihan filter udara secara rutin agar mobil dapat dikendarai secara optimal. Ketika filter udara kotor dan jarang dibersihkan, maka fungsi turbo mobil pun menjadi tidak optimal lagi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan