Cara Merawat Power Window dengan Benar

Cara Merawat Power Window

Cara Merawat Power Window – Power window adalah salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk memudahkan penumpang dan juga pengemudi dalam membuka serta menutup kaca mobil. Fitur yang satu ini disematkan sebuah teknologi mekanik dan elektronik yang ketika tombola tau switchnya ditekan makan akan menciptakan instruksi untuk menggerakkan kaca mobil.

Dengan fungsinya yang penting ini, maka kita sebagai pemilik kendaraan perlu memerhatikan sekaligus merawat power window ini. Walaupun memang harga suku cadang dari power window ketika rusak bisa dibilang “murah”, namun jangan jadikan alasan tersebut untuk abai terhadap kondisi power window.

Baca Juga: Cara Merawat Karet Pintu Mobil

Cara Merawat Power Window

Lalu, bagaimana cara mrawat power window mobil dengan benar? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Gunakan Ketika Perlu Saja

Cara merawat power window yang pertama adalah dengan meminimalisir kegiatan membuka dan menutup kaca mobil, bisa dibilang lakukan hal ini ketika perlu saka. Karena ketika power window terlalu sering dipencet atau sengaja dimainkan, maka kemungkinan rusak akan lebih besar terjadi.

2. Bersihkan Kaca Jendela Mobil

Melakukan pembersihan bagian kaca jendela mobil tentu bisa menghilangkan kotoran dan juga debu yang masuk ke dalam rangkaian power window. Kotoran ini tentunya bisa merusakan sistem yang didalamnya apabila tidak segera dilakukan pembersihan.

3. Periksa Secara Berkala ke Bengkel

Cara selanjutnya adalah dengan tidak melupakan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi atau ke bengkel kepercayaan. Ini perlu dilakukan untuk memastikan kondisi power window mobil tetap optimal. Ketika terjadi kerusakan maka akan segera diketahui dan bisa dilakukan penanganan sesegera mungkin.

4. Periksa Karet Kaca Mobil

Karet yang ada di kaca jendela juga jangan kamu abaikan, baiknya periksa secara berkala untuk menghindari karet mobil keras hingga pecah yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem power window.

5. Jangan Biarkan Power Window Tidak Digunakan Sama Sekali

Walaupun pada poin pertama adalah merekomendasikan jangan gunakan power window terlalu sering, namun bukan berarti tidak menggunakannya sama sekali. Ketika power window tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka kerusakan pada sistem power window akan mengintai dengan cepat. Kemungkinan akan timbul karat pada komponen-komponen di dalamnya. Maka dari itu ada baiknya tetap digunakan sesekali.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan