Cara Merawat Rem Mobil Sesuai Anjuran Pabrik

Cara Merawat Rem Mobil

Cara Merawat Rem Mobil Perlu diketahui bersama, sistem pengereman merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan. Fungsinya sendiri adalah untuk menghentikan laju kendaraan agar terhindar dari kecelakaan. Maka dari itu, perawatan dan juga pemahaman tentang rem sangat lah penting untuk diketahui bagi pemilik kendaraan.

Seiring pemakaian yang intens, kinerja rem tentu akan mengalami penurunan. Daya cengkram terhadap roda akan berkurang. Maka dari itu, butuh yang namanya perawatan atau perbaikan agar kondisi komponen ini bisa tetap bekerja secara maksimal.

Cara Merawat Rem Mobil Sesuai Anjuran Pabrik

Sebagai pemilik kendaraan, perawatan kepada komponen rem ini sangat diperlukan secara rutin. Untuk rem cakram dan rem tromol sendiri bentuk perawatannya sama saja. Biasanya perawatan rem sangat disarankan ketika kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 kilometer atau setiap enam bulan sekali.

Khusus pada sistem pengereman yang menggunakan cakram, pembersihan ini dilakukan dengan cara mengamplas disc brake agar kotoran sisa ampelas tidak mengganggu sistem pengereman. Kemudian pada bagian yang memang cara kerjanya butuh mekanisme geser, berikan pelumas atau Brisk.

Selain perawatan pada komponen kaliper rem, penggantian minyak rem juga sangat perlu dilakukan. Minyak rem memiliki peran sangat penting pada sistem pengereman. Pada dasarnya rem berfngsi dengan sistem fluida dan juga minyak rem berperan sebagai media untuk menekan piston rem sehingga bisa terjadi pengereman.

Untuk penggantian mintak rem sendiri ada baiknya dilakukan setiap 40.000 kilometer atau tiga tahun sekali. Apabila dalam kurun waktu 3 tahun belum mencapai 40.000 m, maka ada baiknya tetap diganti dengan yang baru.

Kemudian jangan lupa untuk memeriksa kondisi kampas rem. Ketika kampas rem sudah mulai tipis dan habis, maka segera lakukan penggantian. Kondisi tersebut bisa kamu ketahui dengan cara membuka kaliper rem. Cara yang lebih mudah lainnya adalah ketika kamu menginjak rem, maka jarak menekan pedal rem semakin panjang atau lebih dalam.

Berdasarkan anjuran pabrikan mobil, rata-rata kampas rem pada kendaraan hanya mampu bertahan sampai jarak 35.000 – 40.000 km. Untuk mobil dengan transmisi manual sendiri usia pemakaiannya lebih lama, yaitu hingga 70.000 kilometer.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan