5 Cara Merawat Sliding Door Mobil Yang Benar

cara merawat sliding door

Sliding door atau pintu geser merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk membuka pintu secara otomatis. Fitur ini biasanya ada pada mobil yang masuk kategori multi purpose vehicle (MPV) berbadan kotak atau boxy. 

Fitur sliding door sering kali dianggap mewah oleh orang-orang. Sebab bisa membuka pintu mobil secara otomatis hanya dengan menekan tombol power. Meski memiliki kemudahan dalam membuka pintu, namun mobil yang memiliki fitur sliding door harus dirawat lebih ekstra. Tujuannya agar tidak cepat rusak dan lebih awet.

Berikut ini 5 cara merawat sliding door agar lebih awet. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!!

Baca Juga: Sunroof Mobil HRV Butuh Dirawat Ya! Gini Caranya!

5 Cara Merawat Sliding Door Mobil

1. Mengoperasikan Power Sliding Door Seperlunya Saja

Mengoperasikan Power Sliding Door Seperlunya Saja
Mengoperasikan Power Sliding Door Seperlunya Saja

Cara merawat sliding door yang pertama, yaitu dengan mengoperasikan power sliding door seperlunya saja. Karena apabila terlalu sering mengoperasikan power sliding door saat mesin mati, bisa membuat baterai mobil menjadi tekor.

Selain itu, sebaiknya membuka dan menutup secara hati-hati dan perlahan. Tidak perlu terlalu keras saat menggerakan tombol powernya. Cukup gerakkan sedikit sliding door dan biarkan pintu bergeser sendiri.

2. Jaga Kebersihan

Jaga Kebersihan
Jaga Kebersihan

Cara merawat sliding door selanjutnya adalah dengan cara menjaga kebersihan rel pintu. Sebab kotoran atau debu yang menempel pada rel pintu bisa membuat sliding door sulit untuk menutup atau bahkan rusak apabila dibiarkan terus-menerus.

3. Bersihkan Bagian-bagian Tertentu Sliding Door

Bersihkan Bagian-bagian Tertentu Sliding Door
Bersihkan Bagian-bagian Tertentu Sliding Door

Sliding Door terdiri dari berbagai komponen, seperti roller, rel, pengunci, hingga motor penggerak. Apabila terkena debu, kotoran, atau air bisa membuat sliding door sulit untuk bergerak.

Sebab air hujan yang terus melekat pada bagian ini bisa memicu karat, kemudian merusak mekanisme penggeraknya. Oleh karena itu, penting sekali untuk membersihkan bagian-bagian sliding door minimal 1 minggu sekali. Tujuannya agar tidak ada zat yang menghambat gerakan geser pintu.

4. Rajin Untuk Melumasi Rel & Roller

Rajin Untuk Melumasi Rel & Roller
Rajin Untuk Melumasi Rel & Roller

Selain membersihkan bagian-bagian sliding door secara rutin, kamu juga harus rajin untuk melumasi rel, roller, bearing dengan cairan penetral. Jangan melumasi bagian-bagian sliding door dengan menggunakan oli.

Sebab, oli memudahkan debu dan kotoran menempel. Setelah memberikan pelumas, berikan gemuk di bagian-bagian tersebut. Tujuannya untuk mencegah kotoran atau debu menempel langsung.

5. Jangan Melewati Banjir

Jangan Melewati Banjir
Jangan Melewati Banjir

Selain kotoran dan debu, air juga bisa merusak mekanisme penggerak. Oleh karenanya, penting sekali untuk tidak melewati daerah yang terkena banjir atau genangan air yang tinggi. Karena jika mobil melewati daerah banjir bisa membuat air masuk ke dalam mobil dan tentunya ini bisa berbahaya.

Itu dia 5 cara merawat sliding door mobil agar awet. Kamu bisa membersihakannya selama 1 minggu sekali. Apabila tidak dirawat mengakibatkan power sliding door akan macet, bahkan tidak bisa terbuka dan tertutup apabila usia mobil sudah tua.

Harga perbaikan tergantung dengan jenis mobil dan jenis kerusakan. Contohnya untuk Toyota Alphard dan Nissan Serena keluaran 2008 ke bawah (2007, 2006, dst..) pada umumnya akan mematok harga sekitar Rp 800 hingga Rp 1 juta setiap pintunya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan