Cara Parkir Paralel Mobil Matic dengan Benar

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Cara parkir paralel mobil matic sendiri bisa dilakukan dengan mudah apabila kamu mengetahui caranya. Ada beberapa cara dan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Terkadang ada kejadian sebuah mobil matic yang tidak bisa didorong saat sedang parkir paralel karena mengaktifkan rem tangan.

Padahal diwaktu yang sama ada mobil lain yang ingin keluar dari tempat parkir. Jika sudah begini maka akan menyusahkan orang lain saja. Maka dari itu untuk menghindari kejadian ini terus menerus, simaka penjelasan singkat mengenai cara parkir paralel bagi mobil matic yang dijelaskan oleh Auto2000 di bawah ini :

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Ketika kamu parkir di lahan parkir yang tidak cukup luas, maka sistem paralel pasti dilakukan. Dengan sistem ini, maka bagian depan mobil akan bertemu dengan bagian belakang dari kendaraan lain di depannya.

Untuk menerapkan keluar masuk mobil pada sistem parkir seperti ini maka setiap mobil dilarang untuk mengaktifkan handbrake atau rem tangan. Ketentuan ini dimaksud untuk membuat proses keluar-masuk mobil ke lahan parkir tetap lancar karena setiap kendaraan bisa didorong juga dengan mudah.

Sebenarnya mobil dengan transmisi matik ini memiliki celah lebih besar untu roda bisa terkunci ketika parkir  dibandingkan dengan mobil manual. Alasan utamanya adalah bukan karena posisi handbrake sedang aktif, namun pemilik mobil belum mengetahui fungsi SHIFT LOCK. Untuk saat ini, hampir seluruh mobil dengan transmisi matic sudah disematkan tombol SHIFT LOCK.

Dengan adanya tombol itu di dalam mobil, maka kamu tidak perlu lagi menarik handbrake ketika parkir paralel. Berikut cara penggunaan tombol SHIFT LOCK dengan benar.

1. Geser Tuas Transmisi ke Posisi “P”

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggeser transmisi ke posisi P. Lalu berikan penanda bahwa mobil kamu sedang ingin parkir. Ketika tuas sudah di posisi tersebut, maka secara otomatis seluruh roda pada mobil aka terkunci.

2. Matikan Mesin

Setelah transmisi sudah berpindah ke posisi P, maka selanjutnya kamu bisa mematikan mesin mobil untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Cabut Kunci Kontak

Langkah selanjutnya adalah silakan cabut kunci kontak dari tempatnya. Namun hal ini bukan berarti sudah selesai begitu saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu menggunakan tombol SHIFT LOCK yang sudah disediakan di hampir seluruh mobil matic.

4. Gunakan Tombol SHIFT LOCK

Untuk mengaktifkan SHIFT LOCK, kamu harus menekan tombol yang sudah tersedia. Silakan tekan dan tahan tombol tersebut sembari memindahkan tuas transmisi ke posisi “N” atau netral. Jika sudah netral, maka kamu bisa melepas tombol SHIFT LOCK. Penggunaan SHIFT LOCK ini bisa membuat mobil dapat didorong ketika sedang diparkir parale.

5. Jangan Tarik Handbrake

Ketika SHIFT LOCK sudah aktif, maka kamu tidak perlu lagi menarik handbrake. Dengan tombol ini, maka saat parkir paralel pun kamu tidak akan kerepotan lagi.

Demikian informasi singkat mengenai cara parkir paralel mobil matic. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Haiser semuanya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan