Cara Pasang Relay Klakson Mobil Dengan Aman

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil – Klakson adalah sebuah komponen yang memiliki ukuran kecil namun menjadi salah satu komponen pada sistem keamanan mobil. Tentu saja klakson sangat penting untuk digunakan karena sebagai komponen pemberi peringatan kepada pengemudi lain ketika sedang berkendara. Dari bawaannya sendiri, klakson pada mobil memiliki beberapa  macam jenis, ada yang menggunakan 1 klakson dan ada juga yang menggunakan 2 klakson.

Walaupun mobil bawaan sudah dilengkapi dengan klakson, namun beberapa orang menginginkan lebih dari sekedar klakson standar. Yaitu menginginkan suara klakson yang lebih besar dengan suara yang lebih keras dan juga berkualitas. Untuk kamu yang menggunakan 1 klakson dan memiliki keinginan menambah menjadi 2 klakson, maka kamu perlu merubah rangkaian sendiri dengan menambahkan relay untuk menguatkan arus. Yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi selengkapnya!

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Untuk mengetahui cara lengkapnya, berikut ada beberapa gambar diagram rangkaian sebagai gambaran dan juga agar lebih mudah untuk dipahami. Gambar di bawah ini adalah sebuah gambar rangkaian dari klakson standar mobil yang tidak menggunakan relay.

Rangkaian Klakson
Rangkaian Klakson Standar

Pejelasan :

Perhatikan gambar di atas, pada bagian merah adalah tegangan baterai 12 volt dan masuk ke dalam terminal + pada klakson. Sedangkan garis hitam adalah kabel negative yang dikendalikan oleh saklar yang dipasang pada setir, jika saklar pada kemudi setir ini ditekan, maka akan menghubungkan menuju ground sehingga listrik mampu mengalir dan menghasilkan bunyi klakon.

Dan di bawah ini adalah rangkaian yang di rubah dengan menggunakan relay, perhatikan baik-baik.

Rangkaian Klakson Mobil
Rangkaian Klakson Mobil

Penjelasan :

Langkah Pertama:

Pada rangkaian standar yang pertama, dirubah menjadi rangkaian dengan menambahkan relay seperti gambar di atas. Rangkaian standar ada pada kotak berwarna kuning, lalu kabel tambahan digambarkan dengan garis warna orange. Sedangkan untuk ground digambarkan dengan garis warna hitam, dan kabel merah sendiri adalah rangkaian seperti yang pertama.

Langkah kedua:

Ketika saklar yang ada pada kemudi setir di tekan, maka arus listrik akan mengalir dari baterai 12 volt (garis merah), masuk menuju terminal relay 85. Lalu masuk ke dalam kumparan yang ada pada relay dan keluar melalui terminal 86. Setelah itu arus akan menuju saklar dan langsung ke gorund.

Langkah ketiga:

Ketika kumparan yang ada di dalam relay sudah dilewati arus listrik, maka saklar yang ada di dalam relay akan ditarik dan menghubungkan terminal 30 dengan terminal 87. Sehingga arus listrik dari baterai akan tersalurkan ke fuse > terminal 30 > terminal 87 > terminal + klakson > ground dan klakson akan bunyi.

Cukup mudah bukan? Kamu bisa memasangnya sendiri di rumah dengan bantuan beberapa kabel dan juga relat. Yang terpenting adalah selalu gunakan produk yang memiliki kualitas baik, entah itu relay, kabel, ataupun sekering. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Aljuni Hirossie

Editor : Aditia

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan