Kategori: Tips Otomotif

Cara Pasang Ring Piston Mobil Dengan Benar & Aman

Bagaimana cara pasang ring piston mobil dengan benar dan mudah? Tentu saja untuk memasang ring piston ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ketika terdapat kesalahan saat pemasangan, maka akan berdampak pada performa mesin mobil itu sendiri. Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut cara pemasangan ring piston mobil dengan benar dan mudah.

Cara Pasang Ring Piston Mobil

Perlu kamu ketahui, fungsi ring piston adalah untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang pembakaran, sebagai penyalur panas piston ke dinding silinder, hingga menghalangi kebocoran kompresi. Dan untuk cara memasangnya, setidaknya terdapat tujuh cara pasang ring piston mobil yang perlu diketahui. Ikuti langkah demi langkahnya di bawah ini :

1. Bongkar Mesin

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membongkar mesin. Pembongkaran ini berfungsi untuk mengambil bagian piston yang ingin diganti. Pastikan kamu mengetahui letak ring piston yang ingin dipasang.

2. Lepas Ring Piston

Apabila kamu sudah menemukan bagian piston yang ingin diganti, maka silakan lepas ring piston secara satu per satu. Setidaknya ada 3 ring piston yang perlu kamu lepas, diantaranya ring kompresi 1,2, dan ring oli. Lepas semua bagian piston untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Bersihkan Alur Pemasangan Ring Piston

Selanjutnya silakan bersihkan alur atau groove pemasangan ring piston. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas atau kompresor angin dengan tekanan tinggi. Kamu juga perlu memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang menempel di bagian alur ini agar tidak mengganjal ring piston yang baru ketika dipasang.

4. Pasang Ring Piston Kompresi 1

Kalau alur pemasangan ring piston sudah dipastikan bersih, maka silakan mulai memasang ring piston kompresi 1. Kamu perlu memerhatikan kode huruf yang perlu menghadap ke atas. Jangan letakan terbalik karena akan berdampak pada beberapa kerusakan ketika mobil sudah digunakan.

5. Pasang Ring Kompresi 2

Selanjutnya kamu hanya perlu memasang ring piston kompresi 2 atau tengah, dan pastikan juga kode huruf yang menghadap ke atas agar tidak menimbulkan masalah ke depannya.

6. Pasang Ring Oli

Terakhir, silakan pasang ring oli yang menjadi bagian paling bawah. Ring oli sendiri memiliki tiga bagian, yaitu rail ring (atas), exander ring (spiral), dan rail ring (bawah). Pemasangannya juga tak bisa sembarangan, lakukan sesuai dengan urutan agar bisa langsung digunakan.

7. Pasang Kembali ke Silinder Blok

Apabila seluruh ring piston sudah dipasang dengan benar, maka silakan pasang kembali ke piston dalam silinder blok. Cukup mudah kan?

Itu dia cara pasang ring piston mobil dengan benar dana man yang bisa kamu ketahui. Lakukan seluruh prosesnya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021