Berita Otomotif

Cara Pasang Roof Box Agar Perjalananmu Aman

Buat kamu yang akan mudik menggunakan mobil pribadi. Kamu harus tahu cara memasang roof box yang benar. Roof Box sendiri merupakan salah solusi untuk membawa banyak barang bawaan saat mudik lebaran. Agar tidak mempersempit ruang kabinmu saat perjalanan nantinya.

Namun apakah aman menaruh barang bawaan di roof box? Jawabannya sebenarnya aman-aman saja namun kamu harus tahu tata cara memasang roof box yang benar. Karena jika tidak maka bisa membahayakan keselamatanmu.

Lalu bagaimana cara memasang roof box yang benar agar tidak mengganggu kinerja mobil? Berikut ini cara pasang roof box yang aman untuk mudik lebaran. Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Tarif Tol Cipali 2022, Ini Dia Biayanya!

Aturan Cara Pasang Roof Box Yang Benar

Berikut ini aturan cara memasang roof box yang benar pada mobilmu:

1. Pilih Roof Rack Yang Sesuai Dengan Jenis Kendaraanmu

Sebelum kamu membeli roof box, kamu harus memiliki roof rack terlebih dahulu. Roof rack sendiri bertugas sebagai fondasi roof box. Biasanya roof rack terbuat dari alumunium atau baja. masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Material baja cenderung kuat namun sebaiknya dipasang pada bodi mobil yang kuat untuk menahan beban berat. Biasanya digunakan pada jenis mobil SUV yang mempunyai konstruksi atap mobil yang cukup keras. Sedangkan keuntungan menggunakan material alumunium adalah bahannya yang ringan. Sehingga tidak memberatkan mobil namun tidak bisa untuk membawa barang-barang yang sifatnya berat.

2. Perhatikan Bentuk Roof Box

Sumber by Thai Nguyen_Unsplash

Bentuk roof box yang tidak tepat bisa mengurangi aerodinamika. Keberadaan barang bawaan tersebut bisa mengubah alur angin dan punya resistensi pada arah laju mobil.

Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu jika bentuk roof box itu mendukung aerodinamika, Kamu bisa membeli roof box yang depannya berbentuk runcing. Konsep seperti itu, bisa meningkatkan 5 persen efisiensi bahan bakar.

3. Pilihlah Roof Box Yang Mudah Digunakan

Pilihlan roof box yang mudah untuk dibongkar pasang dan panjangnya setengah dari panjang mobil. Selain itu, kamu harus benar-benar memastikan bahwa kamu telah memasang roof back dan roof rack dengan benar. Agar tidak mengganggu perjalanan mudikmu.

4. Berat Barang Bawaan Sesuai Kapasitas Maksimal Daya Angkut

Setiap jenis mobil memiliki batas maksimal daya angkut masing-masing. Tujuannya agar untuk menjaga keseimbangan mobil dan kinerja mobil tetap optimal saat perjalanan. Roof box dan roof rack bukan komponen kendaraan sehingga harus dikategorikan sebagai barang bawaan.

Untuk mendapatkan daya angkut maksimal maka harus mengurangkan antara daya angkut mobil dengan berat roof box dan roof rack  Hal ini penting sebagai pedoman dalam membawa penumbang dan barang yang akan di bawanya.

5.  Gaya Mengemudi

Saat kamu memasang roof box pada atap mobilmu. Sebaiknya kendarai mobil secara halus dan pelan. Tidak perlu mengebut. Karena bisa mengubah arah aerodinamika. Jika itu terjadi, bisa menyebabkan kesimbangan mobil menjadi tidak seimbang.

Baca Juga: Aerodinamika Mobil: Bagian, Aspek, dan Fungsi

Artikel Terbaru

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022

Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk… Selengkapnya

4 Juli 2022

Ini Dia 4 Varian Mobil Tesla di Indonesia

Tesla merupakan salah satu perusahaan otomotif yang mengalami perkembangan paling pesat. Meski berdiri pada tahun… Selengkapnya

1 Juli 2022