Cegah Knalpot Mobil Berkarat, Lakukan 4 Tips Ini

Knalpot Mobil Berkarat

Knalpot Mobil Berkarat – Posisi knalpot yang ada di bagian bawah atau kolong mobil membuat komponen ini rentan akan terkena karat. Apabila pemilik mobil lalai dan abai, tanpa disadari cipratan air hingga kotoran yang menempel pada knalpot mobil bisa menimbulkan karat.

Karat yang ada pada knalpot mobil sendiri dapat merugikan pengguna, terlebih karat yang menempel sudah meluas yang artinya dapat membuat keropos bagian pipa. Apabila terlalu lama diabaikan maka akan berisiko patah da kemudian akan membawa masalah baru pada sistem mobil lainnya.

Tips Cegah Knalpot Mobil Berkarat

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips untuk mencegah terjadinya karat pada knalpot mobil. Untuk mengetahui tips lengkapnya, silakan simak di bawah ini:

1. Hindari Banjir

Genangan air yang terjadi di jalanan atau biasa disebut banjir adalah salah satu musuh besar untuk sebuah kendaraan khususnya mobil. Air dari banjir yang membawa lumpur dan juga banyak kotoran akan menjadi sebuah masalah untuk knalpot apabila tidak segera dibersihkan. Ada baiknya sebagai pemilik mobil tidak nekat untuk melewati genangan banjir, apabila terpaksa untuk melewati maka segera cuci mobil setelah sampai di tempat aman.

2. Gunakan Pelumas

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, pelumas pada knalpot dapat memperlambat timbulnya sebuah karat. Bagian knalpot yang perlu diberi pelumas adalah bagian pipa leher dan juga ujung knalpot. Kamu bisa menggunakan pelumas dalam kondisi atau baru untuk melumasi knalpot. Caranya adalah bagian knalpot tersebut dilumasi dengan pelumas menggunakan kuas.

Jangan kaget juga apabila ketika mesin dinyalakan bagian yang sudah diberi pelumas mengeluarkan asap, hal tersebut tidak lah berbahaya. Lakukan hal ini secara rutin setidaknya selama dua minggu satu kali.

3. Keringkan Setelah Dicuci

Ada beberapa hal yang salah yang menjadi sebuah kebiasaan ketika sedang mencuci mobil, kebiasaan ini dapat mengakibatkan timbulnya karat. Bagian knalpot biasanya terlewat untuk diperiksa dan dikeringkan, padahal hal ini sangatlah penting. Maka dari itu pastikan tidak ada sisa air atau sabun yang masih tertinggal di knalpot.

4. Segera Bilas Setelah Kehujanan

Penyebab utama karat adalah air, jadi ada baiknya hindari air tersebut pada komponen-komponen besi di mobil. Mirip seperti poin pertama, air hujan sendiri sanggup menimbulkan karat. Entah itu dari guyuran hujan langsung atau pun cipratan air di jalanan yang mengotori bagian kolong mobil termasuk pipa knalpot.

Setelah mobil sampai di rumah, maka usahakan segera cuci mobil dan ketringkan seluruh bodi termasuk salah satunya adalah knalpot dengan menggunakan lap. Pastikan juga mesin mobil sudah lama mati dan knalpot tidak dalam kondisi panas saat dibersihkan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan