Ciri Kampas Rem Mobil Habis & Dampaknya

Ciri Kampas Rem Habis

Rem merupakan komponen penting dalam suatu kendaraan. Rem kendaraan yang rusak membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan optimal dan bisa membahayakan keselamatan pengemudinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat komponen rem mobil secara berkala.

Salah satunya yaitu dengan merawat komponen kampas rem. Kampas rem mempunyai tugas untuk menekan piringan cakram agar laju kendaraan bisa berhenti. Gesekan inilah yang membuat kampas rem lama kelamaan akan semakin menipis. Oleh karenanya, kamu perlu mengenali tanda-tanda kampas rem mobil habis.

Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan mengupas mengenai 4 ciri kampas rem mobil habis. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Efek Negatif Menggunakan Kampas Rem Racing Di Mobil Harian

4 Ciri Kampas Rem Mobil Habis

1. Volume Minyak Rem Berkurang

Tanda kampas rem habis yang pertama adalah volume minyak rem berkurang. Hal ini disebabkan karena kampas rem yang menipis akan mendorong piston untuk bergerak keluar. Hal ini akan membuat ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper semakin bertambah. Akibatnya volume minyak rem juga menurun.

Kamu bisa mengeceknya melalui kap mobil. Jika volume minyak menurun namun tidak terjadi kebocoran. Kemungkinan terbesar kampas rem mobil sudah menipis ataupun telah habis.

2. Rem Mobil Menjadi Kendur

Ciri kampas rem yang sudah menipis berikutnya adalah rem mobil yang mulai kendur. Hal ini dikarenakan kampas rem tertekan sehingga piringan menjadi kurang rata. Akibatnya luas penampang rem pun menjadi lebih kecil. Sehingga, tenaga yang dihasilkan menjadi kurang optimal meski telah menekan pedal rem lebih dalam.

Apabila terjadi demikian, sebaiknya segera ganti kampas rem mobilmu. Karena akan sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama.

3. Terdengar Suara Berdecit

Tanda kampas rem yang telah menipis atau sudah habis adalah adanya suara berdecit saat menginjak pedal rem. Dimana bunyi ini berasal dari gesekan besi atau logam. Hal ini terjadi karena saat kampas rem sudah habis, hanya akan tersisa besinya saja. Sehingga saat menginjak pedal rem akan terkena bagian besi bukan kampas lagi.

4. Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

Pedal rem bergetar saat diinjak juga menjadi tanda jika kampas rem mobil telah habis. Hal ini dikarenakan permukaan kampas rem tidak rata lagi. Sehingga piringan cakram tidak bisa mencekram secara sempurna. Akibatnya terjadi getaran saat pedal rem diinjak dan juga bisa membuat setir mobil ikut bergetar.

Dampak Kampas Rem Habis

Kampas rem yang telah habis akan membuat pengeraman menjadi tidak optimal. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk keselamatanmu. Oleh karenanya, rajin-rajin untuk mengecek bagian kampas mobil. Jika performa mobil terasa berkurang. Segeralah pergi ke bengkel terdekat di kotamu.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan