Berita Otomotif

Ciri Kampas Rem Mobil Habis & Dampaknya

Rem merupakan komponen penting dalam suatu kendaraan. Rem kendaraan yang rusak membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan optimal dan bisa membahayakan keselamatan pengemudinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat komponen rem mobil secara berkala.

Salah satunya yaitu dengan merawat komponen kampas rem. Kampas rem mempunyai tugas untuk menekan piringan cakram agar laju kendaraan bisa berhenti. Gesekan inilah yang membuat kampas rem lama kelamaan akan semakin menipis. Oleh karenanya, kamu perlu mengenali tanda-tanda kampas rem mobil habis.

Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan mengupas mengenai 4 ciri kampas rem mobil habis. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Efek Negatif Menggunakan Kampas Rem Racing Di Mobil Harian

4 Ciri Kampas Rem Mobil Habis

1. Volume Minyak Rem Berkurang

Tanda kampas rem habis yang pertama adalah volume minyak rem berkurang. Hal ini disebabkan karena kampas rem yang menipis akan mendorong piston untuk bergerak keluar. Hal ini akan membuat ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper semakin bertambah. Akibatnya volume minyak rem juga menurun.

Kamu bisa mengeceknya melalui kap mobil. Jika volume minyak menurun namun tidak terjadi kebocoran. Kemungkinan terbesar kampas rem mobil sudah menipis ataupun telah habis.

2. Rem Mobil Menjadi Kendur

Ciri kampas rem yang sudah menipis berikutnya adalah rem mobil yang mulai kendur. Hal ini dikarenakan kampas rem tertekan sehingga piringan menjadi kurang rata. Akibatnya luas penampang rem pun menjadi lebih kecil. Sehingga, tenaga yang dihasilkan menjadi kurang optimal meski telah menekan pedal rem lebih dalam.

Apabila terjadi demikian, sebaiknya segera ganti kampas rem mobilmu. Karena akan sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama.

3. Terdengar Suara Berdecit

Tanda kampas rem yang telah menipis atau sudah habis adalah adanya suara berdecit saat menginjak pedal rem. Dimana bunyi ini berasal dari gesekan besi atau logam. Hal ini terjadi karena saat kampas rem sudah habis, hanya akan tersisa besinya saja. Sehingga saat menginjak pedal rem akan terkena bagian besi bukan kampas lagi.

4. Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

Pedal rem bergetar saat diinjak juga menjadi tanda jika kampas rem mobil telah habis. Hal ini dikarenakan permukaan kampas rem tidak rata lagi. Sehingga piringan cakram tidak bisa mencekram secara sempurna. Akibatnya terjadi getaran saat pedal rem diinjak dan juga bisa membuat setir mobil ikut bergetar.

Dampak Kampas Rem Habis

Kampas rem yang telah habis akan membuat pengeraman menjadi tidak optimal. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk keselamatanmu. Oleh karenanya, rajin-rajin untuk mengecek bagian kampas mobil. Jika performa mobil terasa berkurang. Segeralah pergi ke bengkel terdekat di kotamu.

 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022