Ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran

Ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran

Knalpot adalah salah satu komponen yang penting yang terdapat pada mobil. Fungsinya adalah menjadi saluran pembuangan gas sisa pembakaran. Untuk itu, knalpot harus selalu dalam kondisi yang selalu prima. Namun sayang, karena letaknya yang berada di bawah kolong mobil, maka pemilik mobil jarang memperhatikan kondisi knalpot mobillnya. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui ciri knalpot mobil mengalami kebocoran.

Padahal, untuk mobil yang memang telah berusia lawas, khususnya di atas 10 tahun. Tidak jarang ditemui permasalahan knalpot yang keropos. Hal tersebut bisa mengakibatkan kebocoran, dan juga tentu akan berdampak besar pada kondisi mobil itu sendiri dalam hal performa dan juga konsumsi bahan bakar nya.

Ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran

Untuk itu, setiap pemilik mobil perlu memahami ciri-ciri atau gejala kerusakan yang terjadi pada sistem knalpot yang diakibatkan karena kebocoran. Ada 3 gejala yang bisa diketahui oleh pemilik mobil untuk mendeteksi potensi terjadinya kebocoran pada sistem knalpot. Berikut ulasannya di bawah ini :

Suara Knalpot Lebih Kasar

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah dilakukan dan juga sering terjadi. Apabila suara knalpot mobil berbeda dari suara biasanya, entah itu lebih berisik ataupun kasar. maka kamu perlu waspada akan adanya kebocoran pada knalpot tersebut.

Ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran : Performa Mesin Menurun

Cara berikutnya untuk mengetahui gejala knalpot bocor adalah pemilik mobil bisa mengetahui melalui performa mesin yang menurun. Apabila pemilik mobil merasa tenaga mesinnya menurun, padahal perawatan pada mobil sudah rutin dilakukan, maka hal tersebut bisa saja diakibatkan adanya kebocoran pada sistem knalpot.

Melihat Secara Langsung

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mendeteksi knalpot bocor atau tidaknya adalah dengan melihatnya secara langsung. Namun, untuk melihat knalpot secara langsung ini cukup sulit dilakukan. Dengan letak knalpot yang berada di posisi kolong mobil, maka mau tidak mau harus pergi dahulu ke bengkel knalpot ataupun saat mencuci mobil di tempat cuci mobil yang sudah menggunakan hidrolik.

Dan untuk pemilik mobil sudah mulai merasakan dua dari tiga gejala knalpot bocor yang sudah disebutkan di atas, maka kamu perlu memeriksakan mobil kamu ke bengkel resmi ataupun bengkel khusus knalpot mobil.

Karena jika kerusakan pada knalpot itu telat ditangani, maka akan semakin parah dan juga melebar. Maka mau tidak mau knalpot pun harus segera diganti.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan