Berita Otomotif

6 Ciri Mobil Boros BBM Yang Harus Kamu Waspadai

Mobil dengan penggunaan BBM yang terbilang boros memang sering kali menyulitkan pengendara. Ada beberapa mobil yang pada dasarnya masuk dalam kategori mobil boros BBM. Akan tetapi karena salah satu komponen ada yang rusak, bisa menjadi penyebab konsumsi BBM menjadi boros. Namun, ada juga mobil yang masuk kategori mobil irit BBM.

Berikut ini 6 ciri mobil boros BBM yang wajib kamu waspadai. Apabila kamu menemukan salah satu ciri pada kendaraanmu. Sebaiknya kamu perlu membawa kendaraanmu ke bengkel terdekat untuk diservis.

Baca Juga: Ganti Velg Mobil Jadi Boros?

6 Ciri Mobil Boros BBM

1. Karbulator Rusak

Apabila karbulatormu bermasalah, akan membuat asap knalpot menjadi hitam. Karbulator yang bermasalah dapat disebabkan karena adanya penyumpatan pipa-pipa kecil yang bisa membuat aliran bensin menjadi terganggu. Oleh karenanya, perlu untuk diperbaiki sebelum merusak komponen mobil yang lainnya. Karbulator yang rusak juga bisa membuat kendaraanmu menjadi lebih boros bensin.

2. Kondisi Klep Yang Terlalu Longgar Atau Rapat

Kondisi klep yang terlalu longgar atau rapat juga bisa membuat konsumsi BBM meningkat dua kali lipat dari sebelumnya. Tidak hanya itu saja, klep yang terlalu longgar juga bisa membuat suara mesin menjadi terlalu brisik dan kasar. Selain itu, klep yang bermasalah bisa membuat kinerja mesin menjadi menurun. Oleh karenanya, jika kamu merasa suara mesin brisik, sebaiknya segera setting kembali klep mobil.

3. Terlalu Sering Mengkonsumsi BBM

Ciri kendaraanmu sangat boros bensin adalah terlalu sering mengisi bensin. Apabila kendaraanmu baru saja mengisi bensin pada sore hari dan tiba-tiba pada pagi hari sudah habis maka itu berarti mobilmu dikategorikan sebagai mobil yang boros BBM.

4. Ukuran Velg Mobil Terlalu Besar

Ukuran velg mobil yang tidak sesuai aturan juga bisa membuat konsumsi BBM meningkat dari biasanya. Sebab ukuran velg yang terlalu besar membuat komponen lain bekerja lebih keras daripada biasanya. Akibatnya tarikan mesin menjadi melemah.

5. Bau Bensin Menyengat

Apabila kamu mencium bau bensin yang sangat menyengat bisa jadi tangki bensin bocor. Sehingga volume bensin berkurang. Oleh karenanya, jika kamu menium bau bensin yang tidak sewajarnya segera bawa mobilmu ke bengkel terpecaya di kotamu.

6. AC Mobil Yang Terlalu Dingin

AC mobil yang terlalu dingin juga bisa membuat konsumsi BBM meningkat. Jadi, saat kamu menghidupkan AC maka mesin mobil akan mengaktifkan kompresor AC yang tugasnya untuk memompa refrigerant. AC mobil yang terlalu dingin akan memaksa komproser AC mobil untuk mengeluarkan energi yang lebih besar dari biasanya. Akibatnya proporsi energi mesin terpaksa dipindah ke kompresor AC.

Saat energi dipindahkan ke komproser AC, maka kamu harus menginjak pedal gas cukup dalam agar mobil bisa berjalan. Semakin dalam kamu menekan pedal, semakin besar pula bensin yang dibutuhkan. Nah itu dia 6 ciri mobil boros BBM yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: 4 Gaya Mengemudi Mobil Manual yang Berimbas Boros BBM

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022