Ciri Velg Mobil Rusak, Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

Ciri Velg Mobil Rusak

Velg mobil merupakan salah satu komponen terpenting bagi mobil. Apabila velg mobil mengalami kerusakan, maka akan membuat daya laju suatu mobil menjadi terpengaruh. Tidak hanya itu, velg yang rusak juga bisa menurunkan performa kendaraanmu. Sehingga bisa membahayakan nyawamu dan orang-orang yang ada di mobilmu.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali ciri-ciri velg mobil yang rusak agar kamu tetap nyaman dalam berkendara. Kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai:

  • Ciri-ciri velg yang rusak
  • Penyebab velg rusak
  • Cara merawat velg mobil

Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Merawat Velg Mobil dengan Mudah dan Benar

Ciri-ciri Velg Mobil Rusak

Apakah ban mobil kamu sering kempes? Jika iya, bisa jadi adanya kerusakan pada ban mobilmu. Namun, penyebab ban mobil yang sering kempes tidak hanya karena kerusakan pada ban mobil saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan ban mobil sering kempes. Salah satunya karena kerusakaan pada velg mobil. Apa saja ciri-ciri velg mobil rusak?

1. Tekanan Angin Pada Ban Mobil Semakin Menurun

Apabila ban mobilmu sering kekurangan tekanan angin meskipun baru saja diisi tekanan anginnya. Penyebabnya bisa karena ban mobil yang rusak atau velg yang rusak. Oleh karena itu, jika mobilmu mengalami permasalahan tersebut maka segera pergi ke bengkel untuk mengecek kerusakan pada kaki-kaki mobilmu.

Apabila kerusakan velg masih ringan, kamu masih bisa memperbaikinya namun jika sudah parah maka segera ganti baru.

2. Adanya Getaran Pada Setir

Saat tekanan angin pada ban mobil terus berkurang maka akan menyebakan getaran pada setir. Hal ini membuat velg mobil bergesekan dengan jalan dan keadaan ini berbahaya jika dibiarkan. Oleh karena itu, jika kamu merasakan adanya getaran pada bagian setir, kamu segera pergi ke bengkel untuk service mobilmu.

3. Permukaan Ban Mobil Aus

Saat velg mobilmu rusak maka akan ada bagian karet ban mobil yang tekanannya tidak seimbang. Akibatnya sebagian ban mobil menjadi aus. Hal ini tentu berbeda dengan ban mobil yang aus karena memang umurnya. Jika ban mobil aus karena memang sudah umurnya maka seluruh permukaan ban mobil akan aus. Namun jika hanya sebagian saja. Penyebabnya velg mobil rusak.

4. Ada Suara Berderit

Saat spoke velg mobilmu rusak maka akan mengerluarkan suara berderit dari velg mobilnya. Meskipun getarannta tidak terasa namun kamu harus membawanya ke bengkel untuk mengecek kerusakaannya,’

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri kerusakaan pada velg mobil maka kamu juga harus mengetahui penyebab velg mobil rusak. Kali ini HSR Wheel akan membagikan mengenai apa saja sih penyebab kerusakan pada velg.

Penyebab Velg Mobil Rusak

1. Kekurangan Tekanan Angin

Kekurangan tekanan angin merupakan penyebab utama kerusakaan pada velg mobil. Hal ini karena apabila ban mobilmu kekurangan tekanan angin maka goncangan ban akan diteruskan ke velg khususnya jika ban mobil itu tipis.

Oleh karena itu, kamu selalu mengecek tekanan angin secara berkala dan untuk meminimalisir masalah diatas, sebaiknya kamu menggunakan ukuran ban mobil standar. Tujuannya untuk mengurangi risiko ban mobil melindas lubang dengan kecepatan tinggi.

2. Sering Melewati Jalan Berlubang

Apabila mobilmu sering melewati jalan berlubang, berkerikil dengan kecepatan tinggi maka velg mobilmu akan cepat rusak. Selain itu, apabila kamu sering mengerem mobil saat melewati jalan yang berlubang maka akan membuat velg retak terutama pada bagian depan ban mobil.

Hal ini karena titik tumpuan saat mengerem ada bagian depan ban mobil, lalu menghantam lubang pada permukaan yang sangat tajam.

3. Velg Jarang Dibersihkan

Meskipun ini tidak menyebabkan kerusakan fisik namun velg yang kotor bisa menurunkan kinerja velg. Oleh karena itu, kamu harus rutin merawat velg mobilmu.

Lalu bagaimana cara merawat velg mobil ? Berikut ini cara merawat velg mobil agar tetap awet.

Cara Merawat Velg Mobil

Agar performa velg mobilmu tetap tampil prima maka kamu harus merawatnya. Berikut ini cara merawat velg mobil.

Apabila kerusakan velg mobilmu tergolong ringan maka kamu bisa memperbaikinya pada bengkel terdekat di kotamu, Harga perbaikan velg mobil kisaran Rp 250.000 untuk 1 kerusakan dan jika ada 2 lubang maka harganya dua kali lipat. Namun jika kerusakan velg sudah parah maka kamu disarankan untuk mengganti velg mobilmu. Apabila kamu ingin mengganti velgmu yang rusak dengan harga yang lebih terjangkau, maka kamu bisa menggantinya dengan velg mobil bekas di Bursa Velg Second.  Meskipun bekas, namun kualitasnya tetap terjamin aman untuk digunakan. Namun jika kamu ingin mengganti dengan velg yang baru maka kamu bisa membelinya di toko cabang resmi HSR Wheel yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan