Crumple Zone: Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Pada Mobil

crumple zone pada mobil

Crumple Zone adalah fitur keamanan pada mobil yang dirancang untuk hancur saat terjadi kecelakaan. Fitur ini berfungsi untuk menyerap energi kinetik dari benturan dan meminimalisir efeknya. Crumple zone pada mobil akan mudah hancur agar kabin penumpang tidak ikut rusak. Sehingga penumpang dan pengendara mobil dapat selamat.

Oleh karenanya mobil yang hancur bukan berarti mobil tersebut jelek, melainkan karena adanya fitur crumple zone atau zona benturan pada mobil. Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai pengertian crumple zone, fungsi, dan cara kerjanya. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Apa Itu ABS, EBD, BA, dan ESC?

Definisi Crumple Zone Pada Mobil

Fungsi Clumper Zone Pada Mobil
Fungsi Clumper Zone Pada Mobil

Crumple zone adalah sebuah area pada kendaraan di desain untuk hancur saat terjadi tabrakan. Fitur ini terletak pada bagian depan dan belakang mobil. Dengan adanya crumple zone pada mobil membantu terjadinya penyerapan energi akibat adanya tabrakan yang akan mengendalikan deformasi.

Deformasi merupakan perubahan bentuk atau desain bodi mobil karena kecelakaan. Perubahan ini bisa terjadi dari bentuk bodi mobil yang mulus menjadi berkerut atau hancur. Dengan bantuan dari crumple zone, membuat penumpang dan pengendara menjadi lebih aman. Namun, bukan berarti akan terhindar 100 persen dari kecelakaan mobil.

Contohnya saat mobil dikemudi dengan kecepatan 80 km/jam dan terjadi benturan secara mendadak. Maka mobil akan berhenti secara tiba-tiba. Dinding mobil akan berdiri kuat sementara tubuh penumpang mobil masih tetap bergerak dengan arah dan kecepatan yang sama seperti sebelum terjadi benturan. Apabila bagian depan mobil terlalu keras, maka energi benturan akan mengalir ke dalam kabin mobil. Akibatnya penghuni mobil akan menghantam bagian mobil di depannya, sehingga berakibat fatal.

Fungsi Crumple Zone Pada Mobil

Fungsi Crumple Zone Pada Mobil
Fungsi Crumple Zone Pada Mobil

Crumple zone memiliki fungsi sebagai pelindung kabin mobil agar tidak mudah rusak saat terjadi tabrakan. Crumple zone dapat membantu menyebarkan dan mengurangi energi kinetik ketika terjadi benturan. Sehingga ruang kabin mobil tidak akan rusak.

Pada saat terjadi kecelakaan akan membuat bagian depan mobil menjadi hancur. Hal ini berguna untuk menyerap aliran energi kinetik saat terjadi tabrakan secara mendadak. Penyerapan energi kinetik terjadi secara otomatis dan fleksibel. Sehingga membuat penumpang menjadi lebih aman saat terjadi benturan.

Cara Kerja Crumple Zone Pada Mobil

Cara Kerja Crumple Zone Pada Mobil
Cara Kerja Crumple Zone Pada Mobil

Mobil yang telah memiliki fitur crumple zone dinilai tingkat keamanannya lebih tinggi dibanding dengan mobil yang belum memiliki fitur tersebut. Pada umumnya, fitur ini telah ada pada mobil-mobil keluaran terbaru. Cara kerja dari crumple zone adalah saat mobil terjadi keceakaan maka bagian depan mobil akan hancur.

Hal ini disebabkan fitur ini menyerap energi kinetik. Tujuannya untuk melindungi penumpang pada ruang kabin mobil. Bagian depan mobil yang terkena tabrakan dan sudah terlindungi fitur crumple zone bentuknya akan  melengkung.

Berbeda dengan mobil yang belum ada fitur clumper zone, mobil yang telah memiliki fitur crumple zone pada bagian mounting atau peningkat mesin. Saat terjadi tabrakan, bagian mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak terdorong ke belakang. Hal ini dapat menghindari pengemudi terjepit mesin mobil.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya fitur clumper zone akan melindungi penumpang dan pengendara yang berada di ruang kabin dari kecelakaan. Hal ini disebabkan fitur ini akan menyerap energi kinetik akibat adanya tabrakan yang akan mengendalikan deformasi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan