Cuci Mobil Listrik Dengan Air, Aman atau Tidak?

Cuci Mobil Listrik

Cuci Mobil Listrik – Mencuci mobil memang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan ketika kondisinya kotor. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, tentu mobil akan dalam kondisi tidak bersih serta performa kendaraan bisa terganggu.

Lalu, bagaimana dengan mobil listrik yang ada saat ini? Apakah mobil listrik boleh dicuci dengan menggunakan air? Karena sebagian orang memang masih belum mengerti dan mengira bahwa mobil listrik bisa mengalami korsleting ketika di cuci.

Dilansir melalui laman resmi Nissan Indonesia, setidaknya ada beberap hal yang perlu kamu ketahui mengenai cuci mobil listrik ini. Pertama adalah mobil listrik bisa dicuci oleh jasa car wash. Kedua, mobil ini memang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa tahan air walaupun terdapat listrik di dalamnya.

Baca Juga: Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

Amankah Cuci Mobil Listrik Dengan Air?

Berikut di bawah ini informasi mengenai mobil listrik yang ternyata dapat dicuci menggunakan air. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Dirancang Tahan Air

Mobil listrik memang sudah dirancang untuk tahan terhadap air, jadi walaupun mencuci mobil sendiri di rumah atau dengan jasa cuci mobil tetap akan aman. Serangkaian pengujian atau tes tentu saja sudah dilalui oleh seluruh mobil listrik yang akan dijal. Termasuk dalam pengetesan soak di mana mobil akan direndam dalam genangan air yang cukup tingga sehingga bisa dipastikan tidak ada kebocoran di komponen mobil.

Tentunya setiap mobil elektrik yang ada di pasaran ini memiliki karakteristik tersendiri. Bisa dipastikan bahwa semua mobil listrik ini sudah tahan air dan tentunya aman untuk dicuci. Sekalipun bagian kolong mobil disemprot air karena adanya debu, lumpur, atau apapun tetap aman.

Bagian baterai mobil dan juga kabel-kabel yang ada di kolong akan tetap aman karena sudah dilapisi oleh bahan yang anti air.  Bahkan soket yang menyambungkan berbagai komponen elektrik dalam mobil juga sudah diberikan pengaman karet agar lebih menjamin keamanannya.

2. Hindari Engine Bay Saat Mencuci

Pada dasarnya cara mencuci mobil listrik sama saja dengan mobil biasa pada umumnya. Namun, ada satu ketentuan yang wajib kamu ingat pada saat ingin mencuci mobil listrik, yaitu tidak menyemprotkan air ke arah engine bay.

Posisi engine bay ini biasanya ada di bagian dalam kap mobil yang mana memang cukup banyak komponen elektrik yang rawan terhadap air. Sebut saja diantaranya ada ECU, Converter, dan Inverter.

Sebenarnya komponen engine bay yang ada di dalam mobil listrik sudah dilapisi dengan seal waterproof. Namun ketika engine bay terlalu sering terkena air, maka dikhawatirkan seal waterproff akan menjadi rusak dan menciptakan embun air di dalam komponen.

Untuk membersihkan engine bay dengan aman, ada baiknya gunakan kain microfiber dan juga engine degreaser.

3. Dinginkan Mesin Sebelum Menyuci Mobil

Sebagai pemilik mobil listrik dan berencana ingin mencuci mobil kesayangan sendiri, maka buka terlebih dahulu kap mobil lalu sentuh mesin mobilnya. Jika kondisi mesin mobil masih panas, maka tak dianjutkan untuk mencuci kendaraan. Cobalah untuk menunggu beberapa saat hingga mesin dingin.

Hal ini dikarenakan ketika mencuci mobil dalam kondisi mesin panas dapat menyebabkan komponen menjadi karatan, renggang, dan juga cepat rusak. Ada baiknya menunggu mesin dingin selama 15-30 menit, ketika sudah dingin maka kamu bisa mencuci mobil listrik sendiri di rumah.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan