Berita Otomotif

Daftar Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2022

Segmen mobil listrik sedang berkembang di Tanah Air karena lahirnya bentuk-bentuk model baru. Salah satunya, yaitu Hyundai Ioniq 5, sebagai mobil listrik pertama di Indonesia yang diproduksi oleh perusahaan Hyundai. Model mobil listrik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mobil konvesional.

Salah satunya, lebih irit biaya konsumsi bahan bakar. Sebab mobil listrik lebih nyaman digunakan karena komponen mesinnya yang halus dan senyap. Dalam kondisi diam, rata-rata tingkat kebisingan mobil listrik antara 30 db sampai 40 db. Sehingga banyak orang Indonesia yang memburu mobil listrik meski harganya relatif lebih mahal daripada mobil konvensional.

Berikut ini daftar harga mobil listrik termurah di Indonesia tahun 2022. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap lagi ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Berdasarkan Jenisnya

5 Daftar Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2022

1. Hyundai Kona EV

Hyundai Kona EV

Hyundai Kona merupakan salah satu mobil listrik yang dikeluarkan oleh perusahaan Hyundai pada tahun 2019. Hyundai Kona EV tergolong ke dalam segmen SUV kompak atau biasa yang disebut dengan crossover. Tampilan luarnya terlihat lebih anggun dan tangguh. Sehingga banyak digemari oleh orang-orang.

Hyundai Kona EV menggunakan mesin tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang mempunyai kapasitas mesin sebesar 39.2 kWh. Tenaga yang dihasilkan sebesar 136 Ps (100 kw) dengan torsi maksimal  395 Nm (290.4 lb-ft). Selain itu, Hyundai Kona EV juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Paddle shifter (for regenerative braking), Fully digital 10.25 Gauge Cluster dengan tiga mode berkendara, Wireless smartphone charging pad dan sunroof elektrik. Harga mobil listrik ini sekitar Rp 697 juta.

2. Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5

Harga mobil listrik termurah di Indonesia tahun 2022 selanjutnya, yaitu Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik ini merupakan mobil listrik pertama di Indonesia yang telah menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini rencananya akan digunakan untuk 23 model listrik baru pada tahun 2025.

Secara desain eksterior, Ioniq 5 sudah terlihat sangat menawan dan tangguh dengan ada Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs  pada bagian depan. Desain parametix membuat roda-roda mobil Ioniq 5 terlihat lebih besar dengan menggunakan velg alloy ring 20 inci.

Ioniq 5 menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 58 kWh (varian prime standar dan signature standar) yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 170 PS dan torsi 350 Nm. Sementara untuk tipe Prime Long Range dan Signater Long Range memakai baterai yang kapasitasnya 72,6 kWh mengeluarkan tenaga 217 PS dan torsi 350 Nm. Harga Ioniq 5 mulai dari Rp 718 juta.

3. Nissan Leaf

Nissan Leaf

Nissan Leaf  tergolong sebagai mobil listrik termurah di Indonesia tahun 2022. Tampilan Nissan Leaf terlihat sangat dinamis dengan adanya grill berbentuk V pada bagian depan. Mobil listrik ini dibekali dengan daya baterai sebesar 40 kwh. Saat baterai penuh, Nissan Leaf mampu menempuh jarak sepanjang 311 km.

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti elektronik pedal, Inteligent Trace Control (ITC), Inteligent Around View Monitor (IAVM), Forwar Collision Warning (FCW), Hill Start Assist (HSA), dan Forward Emergency Braking (FEB). Harga mobil listrik ini sebesar Rp 649 juta.

4. Renault Twizy

Renault Twizy

Renault Twizy memiliki desain eksterior yang imut dan mungil. Mobil listrik ini memiliki headlamp dengan bentuk bulat dan bumper depan yang berperan dalam pengisian daya. Pada bagian bawah mobil listrik ini telah dilengkapi lampu LED dan lampu sein yang terpisah.

Renault Twizy telah memakai mesin 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive dan menghasilkan tenaga sebesar 17 hp. Hal ini membuat Twizy mampu berkendara dengan kecepatan 0-45 km/jam dan waktu 6.1 detik. Harga mobil listrik ini mulai dari Rp 408 juta.

5. Wulling GSEV

Wulling GSEV

Mobil listrik termurah di Indonesia selanjutnya, yaitu Wulling GSEV. Mobil listrik ini memiliki tampilan luar yang futuristis. Pada bagian depan Extended Horizon LED Daytime Running Light yang dikombinasikan strip chrome serta trim hitam, dan LED DRL.

Wulling GSEV mempunyai tenaga sebesar 27Tk yang berasal dari baterai berdaya 13.8 kWh. Mobil listrik mungil ini dapat menempuh perjalanan sepanjang 170 km. Di China, harga mobil listrik ini dibandrol Rp 64 juta setelah mendapatkan insentif dari pemerintah China. Sedangkan di Indonesia, harga Wulling GSEV mulai dari Rp 200 juta.

Nah itu dia 5 harga mobil listrik termurah di Indonesia tahun 2022. Dengan menggunakan mobil listrik berarti kamu sudah mengurangi polusi udara. Oleh karenanya pemerintah Indonesia sedang menggiatkan para produsen otomotif untuk menciptkan sebanyak-banyak mobil listrik di Indonesia.

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022