Berita Otomotif

Daftar Mobil Yang Cocok Pakai Pertalite, Mobil Apakah Itu?

Musim mudik sebentar lagi tiba, namun harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax justru mengalami kenaikan. Hal ini membuat beberapa pemilik kendaraan beralih menggunakan Pertalite. Meski dari segi kualitas Pertamax lebih unggul daripada Pertalite namun dari segi harga Pertalite jauh lebih murah daripada Pertamax.

Sebelum ada kenaikan, selisih antara Pertamax dan Pertalite tidak terlalu signifikan hanya sekitar Rp 2.000-Rp 2.500. Namun setelah adanya perang Rusia dan Ukraina yang membuat harga minyak dunia meningkat sehingga Pemerintah menaikan harga BBM jenis pertamax sebesar Rp 12.500-Rp 13.000. Akibatnya disparitas antara Pertamax dan Pertalite makin jauh.

Kesenjangan harga inilah yang membuat Pertalite banyak diburuh oleh mobil-mobil yang seharusnya menggunakan RON 92 atau Pertamax. Akibatnya Pertalite menjadi barang langka. Lantas mobil apa saja sih yang pantas menggunakan Pertalite? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini sampai akhir ya!

Baca Juga: Harga BBM Pertamax Naik, Apakah Pertalite Akan Langka?

Daftar Mobil Yang Cocok Pakai Pertalite

Daftar mobil yang cocok pakai Pertalite adalah mobil yang memiliki mesin kompresi 9-10. Kendaraan dengan rasio 10-11 cocok mengkonsumsi BBM Pertamax atau RON 92. Sementara itu, kendaraan dengan rasio kompresi 11-12 pakai RON 95. Jika tidak sesuai, maka mobil Anda akan mengalami penurunan performa seperti tarikan mesin lebih lambat, bahan bakar lebih boros, dan nglitik pada mesin.

Menurut kalian jenis mobil apakah yang memiliki kompresi 9-10? Apakah Avanza masuk? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkapnya lagi!

1. Honda Mobilio

Honda mobilio memiliki kompresi mesin 10,3:1. Sehingga mobil ini cocok untuk BBM yang memiliki oktan 92, seperti Pertamax. Namun apabila menggunakan RON 90 juga masih diperbolehkan.

2. Toyota Avanza

Untuk Avanza varian 2019 ke atas disarankan menggunakan BBM Pertamax karena jika tidak menggunakan Pertamax maka performa mesin akan tidak maksimal. Namun, untuk varian lama masih diperbolehkan menggunakan jenis BBM Pertalite.

3. Toyota Agya

Toyota Agya masih bisa menggunakan BBM dengan RON 90 atau Pertalite bahkan RON 89 atau Premium.

4. Toyota Kijang Innova

Toyota Innova 2016 masih menggunakan bahan bakar RON 90 atau Pertalite.

5. Daihatsu Gran Max

Sumber: Wikimedia

Daihatsu Gran Max disarankan untuk menggunakan jenis BBM RON 90. Namun, masih banyak yang menggunakan RO 88. Padahal hal itu, bisa merusak performa mesin mobil.

6. Suzuki Carry

Sumber: Wikimedia

Suzuki Carry menggunakan bahan bakar RON 90 atau Pertalite.

Nah itu dia 6 daftar mobil yang cocok menggunakan pertalite

Baca Juga: Mengisi Bensin Full Tank Bisa Buat Tangki Kendaraan Awet?

 

 

 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022