Daihatsu Taruna, Mobil SUV Bekas Seharga 50 Jutaan!

daihatsu taruna

Daihatsu Taruna merupakan salah satu mobil jenis small SUV yang menggantikan Daihatsu Froza pada tahun 1999 tang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil ini juga digadang-gadang menjadi cikal bakal atau kakak dari kehadiran Daihatsu Terios.

Dalam perjalanannya, Daihatsu Taruna generasi pertamanya dikenal dengan sebuatan C-Series dengan dibekali mesin berkapasitas 1.600 cc. Sedangkan pada generasi terakhirnya dikenal dengan nama Daihatsu Taruna Oxxy dengan desain yang lebih fresh pada tahun 2005. Mobil Oxxy ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan kode 3SZ-VE.

Desain Eksterior dan Interior

Mobil Daihatsu Taruna memiliki bodi yang gagah tapi tetap manis yang sukses menjadi idaman di jamannya, bahkan hingga kini masih banyak penggemarnya. Bodinya yang ramping ini memberikan kemudahan dalam bermanuver dengan ciri khas ban serep yang digantung di bagian belakang tapi tetap memberikan kesan gagah dan tidak kaku.

Bagian interiornya pun tak kalah berkelas di jalamannya. Tampilan dasbor yang simpel menggunakan material plastik yang cukup tebal memiliki kualitas yang lebih baik dari mobil di kelasnya pada saat itu. Walaupun kabin mobilnya terbilang sempit, tapi cukup lega bagi ruang kepala. Soal tenaga, jangan diragukan. Mobil ini bisa diandalkan untuk menyalip atau melewati tanjakan sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna

Mobil Daihatsu Taruna memiliki ground clearance yang tinggi dengan bodi ramping yang bisa memudahkan kamu bermanuver di jalan sempit. Desainnya yang gagah dan elegan pun masih cocok digunakan untuk jaman sekarang. Ditambah sparepart yang mudah dicari dan harganya relative murah. Selain itu, mobil ini sangat mudah dirawat dengan harga jual yang stabil.

Akan tetapi, bodi ramping dan lumayan tinggi yang dimiliki mobil ini cukup limbung dalam kecepatan tinggi. Bantingan setirnya memang cukup keras bila dikemudikan sendirian, tetapi akan membaik jika sudah memuat banyak penumpang dan barang. Selain itu, bagi yang belum terbiasa akan merasakan kopling yang cukup keras. Ditambah mesinnya berisik dan peredaman yang kurang.

Walaupun demikian, hal tersebut bisa dimaklumi karena harga yang ditawarkan untuk mobil Daihatsu Taruna rata-rata mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 70 jutaan tergantung dari variasi mobil yang dipilih.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan