Kategori: Tips Otomotif

Inilah Dampak Sering Gonta-Ganti Oktan BBM Pada Mobil

Pada dasarnya, tidak sedikit dari pengendara yang sering gonta-ganti oktan BBM pada mobil. Padahal, hal tersebut tidak sesuai dengan anjuran. Bahkan, bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada mobil kesayangan kamu. Nah simak berikut ini penjelasannya.

Apakah Diperbolehkan Gonta-Ganti Oktan BBM Pada Mobil?

Sebenarnya, sering gonta-ganti oktan BBM pada mobil dapat menyebabkan berbagai permasalahan khususnya pada bagian mesin mobil. Biasanya, pengendara beralih dari BBM bernilai oktan rendah ke yang bernilai tinggi. Apalagi, jika kamu kehabisan bensin dan SPBU pun sedang kehabisan jenis BBM yang sering mobil kamu pakai. Dengan demikian, mengharuskan untuk menggunakan jenis BBM lain di luar dari jenis yang sering kendaraan kamu gunakan tersebut.

Nah jika hal ini terjadi hanya sekali, dijelaskan masih tidak menjadi masalah. Namun, hal tersebut pada dasarnya tidak disarankan. Dalam hal ini, mencampur bahan bakar dengan oktan yang berbeda bisa mempengaruhi performa yang dihasilkan dari kendaraan tersebut. Sebab, hal ini sama saja membuat kandungan zat aditif menjadi tidak sempurna.

Namun, bila kamu ingin beralih untuk menggunakan jenis BBM baru, maka kamu pun harus konsisten ketika menggunakannya. Sebab, jika tidak maka bisa menimbulkan berbagai masalah pada kendaraan kamu tersebut. Pastikan pula, jika tangki bensin mobil kamu sudah kosong atau sudah tinggal sedikit sebelum diisi dengan jenis BBM yang baru.

Akibat Sering Ganti BBM Pada Mobil

Ketika kamu sering gonta-ganti oktan BBM tersebut, ternyata hal itu menimbulkan berbagai masalah yang mungkin tidak kamu sadari. Namun bila hal ini dibiarkan begitu saja, tentu bisa berpengaruh terhadap performa mesin serta kenyamanan kamu dalam berkendara.

Adapun, setiap mesin kendaraan sebenarnya memiliki nilai kompresi yang berbeda-beda. Ketika bahan bakar yang biasa dipakai tersebut diganti, maka akan membuat kompresi harus menyesuaikan diri kembali. Dalam hal ini, peralihan yang cepat akibat seringnya gonta-ganti bahan bakar tersebut menimbulkan efek yang kurang baik bagi mesin mobil. Termasuk, membuat mesin menjadi mudah rusak dan juga sulit untuk dihidupkan.

Pos Terbaru

Kesulitan Buka Baut Velg, Hindari dengan 4 Tips Ini!

Baut (lug nut) velg merupakan komponen yang sangat penting walaupun ukurannya terbilang kecil. Baut velg… Read More

21 jam lalu

Perbedaan Poles,Waxing, dan Sealant pada Cat Mobil

Mobil yang ingin tampil kinclong tak cukup jika hanya dicuci saja. Kamu juga bisa melakukan… Read More

2 hari lalu

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

3 hari lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

4 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

5 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu