Tips Otomotif

Engine Flush Mobil: Pengertian dan Fungsinya

Engine flush mobil merupakan cairan yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil. Cairan ini berguna untuk membersihkan kerak-kerak oli yang menempel pada dinding mesin dan pada bagian mobil lainnya. Untuk mengenal lebih jauh mengenai engine flush dan apa saja sih manfaatnya. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya, sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Jadi Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Pengertian Engine Flush Mobil

Sumber: HSR Wheel

Seperti yang telah dijelaskan di atas, engine flush merupakan cairan yang digunakan untuk membersihkan kerak oli menempel, pada bagian-bagian mesin. Sehingga mesin mobil tidak mengalami overheat. Mobil yang sering digunakan biasanya akan lebih mudah kotor terutama pada bagian mesinnya.

Selain itu, oli mobil akan berubah warna menjadi kecoklatan yang mengental seperti bubur. Peristiwa ini disebut sebagai oli sludge. Oleh karenanya, penting sekali untuk membersihkan kotoran-kotoran yang berada di dalamnya agar mesin tetap beroperasi maksimal.

Namun, jangan terlalu berlebihan menggunakan cairan engine flush karena akan membuat mesin mengalami overheat dan penyumbatan pada saluran pelumas. Gunakanlah secara berkala minimal 6 bulan sekali.

Setelah mengetahui pengertian dari engine flush, kamu juga perlu mengerti apa saja sih manfaat dari cairan engine flush untuk kendaraanmu. Berikut ini fungsi dari engine flush. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

5 Fungsi Engine Flush Mobil

1. Membersihkan Kerak Oli dan Kotoran Pada Mesin Mobil

kerak oli pada mesin mobil (Sumber: kompas)

Kotoran dan kerak oli yang menempel pada mesin mobil disebabkan karena proses oksidasi pada oli yang terjadi pada ruang bakar. Proses oksidasi inilah yang kemudian akan meningkatkan penguapan oli dan terbakar akibat suhu mesin. Sehingga menimbulkan kotoran dan kerak oli pada dinding mesin.

Oleh karenanya, perlu sekali untuk membersihkan kotoran dan kerak oli yang menempel pada ruang mesin. Tujuannya agar performa mesin bisa lebih optimal. Namun proses pelumasan akan lebih sulit dilakukan apabila masih ada kotoran dan kerak oli yang menempel. Sehingga disinilah peran dari engine flush untuk membersihkan sisa-sisa oli lama sehingga siap mendapatkan oli baru.

2. Menjaga Suara Mesin Mobil

suara mesin mobil

Ruang mesin yang kotoran selain bisa menurunkan performa mesin, bisa juga menimbulkan suara bising. Sebab, mesin mobil yang tidak terlumasi dengan baik bisa menimbulkan gesekan yang dapat merusak mobil dan menghasilkan suara yang tidak biasa seperti decit pada gas mobil.

Salah satu cara untuk mengatasinya dengan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mesin tersebut. Sehingga mesin mudah terlumasi dengan baik karena tidak ada kotoran yang menempel pada dinding mesin.

3. Menjaga Performa Mesin

Memberikan cairan engine flush mobil pada mesin mobil

Kotoran yang menumpuk pada mesin mobil bisa membuat performa mesin menurun dratis. Sehingga perlu sekali untuk dibersihkan secara berkala minimal 6 bulan sekali. Ruang mesin yang bersih bisa mencegah terjadi oli sludge yang nantinya bisa membuat performa mobil meningkat.

4. Menjaga Kompresi Mesin

kompresi mesin mobil (sumber: kompas)

Kompresi mesin adalah besaran rasio volume yang dihasilkan selama proses pembakaran. Proses ini bisa terganggu apabila kondisi mesin kotor dan membuat komponen lain seperti kring oil piston macet. Sehingga cairan engine flush sangat berperan penting dalam hal ini agar kotoran-kotoran yang menempel pada dinding mesin rontok dan kinerja kring oli piston kembali lancar.

5. Hemat BBM

Pengisian BBM (sumber: lifepal)

Kerak oli dan kotoran yang menempel pada ruang mesin tidak hanya membuat performa mesin menurun, tetapi juga bisa meningkatkan konsumsi BBM. Sebab, kotoran yang beredar pada mesin mobil bisa meningkatkan viskositas dan menyebabkan kerusakan oli mobil.

Semakin tinggi viskositas maka semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk bersirkulasi ke seluruh bagian mesin. Hal inilah yang mengakibatkan konsumsi BBM meningkat. Dengan adanya cairan ini bisa menurunkan viskositas oli sehingga konsumsi BBM lebih hemat.

Nah itu dia, 5 fungsi dari engine flush mobil yang perlu kamu ketahui. Sebelum membeli cairan ini, kamu harus pastikan bahwa kamu benar-benar membeli engine flush mobil terbaik pada toko atau marketplace karena apabila kamu membeli yang abal-abal maka hasinya tidak akan optimal.

Baca Juga: Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) Pada Mobil

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022