Era Baru Otomotif Indonesia dan Jenis-Jenis Mobil Listrik

Otomotif Indonesia – Masa depan otomotif di Indonesia memang sudah bisa dibilang cukup Up To Date dimana terdengar kabar bahwa Tanah Air sudah mantap memberi izin kendaraan listrik untuk dipasarkan di Indonesia. Meski begitu pihak Kementerian Perhubungan sendiri menanggapi secara berbeda dimana mereka mengatakan bahwa mereka belum menyiapkan soal fasilitas dan infrastruktur dalam melakukan maupun mendukung uji coba kendaraan listrik seperti tahap pemasangan baterai, uji kelayakan cuaca (hujan), serta kelayakan kondisi medan jalan.

Menanggapi soal simpang siur ini, pernyataan yang absolut mengenai persetujuan masuknya kendaraan listrik ditanggapi secara detil oleh Kementerian Perindustrian. Putu Juli Ardika selaku Direktur, mengatakan bahwa rancangan dan pengajuan proyek kendaraan listrik sudah berada di tangan Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Selain itu pembahasan rancangan soal kendaraan listrik ini memang memakan waktu lama dikarenakan banyaknya pihak yang terlibat seperti asosiasi insinyur, Gaikindo, insitusi otomotif serta Aisi.

Jenis – Jenis Mobil Listrik

Dalam rangka menyambut pembaruan dalam sektor otomotif tanah air, TKB News ingin memberikan panduan kepada anda yang mungkin tertarik dengan kendaraan listrik yang masuk dalam rencana industri otomotif di Indonesia, mari simak ulasannya.

jenis-jenis mobil listrik
jenis-jenis mobil listrik

Seperti yang dilansir Viva News, terdapat 4 jenis kendaraan listrik yang akan didatangkan untuk pasar otomotif di Indonesia yaitu ada Battery Electric Vehicle, Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle dan Fuel Cell Electric Vehicle.

  • Battery Electric Vehicle

Seperti nama jenisnya, mesin dalam jenis kendaraan ini benar-benar murni menggunakan baterai sebagai penggerak mesin, sehingga ramah kantong dan lingkungan. Kekurangan dari jenis yang satu ini adalah tempat pengisian daya yang cukup mendukung seperti rumah dan bangunan yang mempunyai kapasitas listrik yang mendukung. Salah satu contoh kendaraan yang termasuk jenis kendaraan ini adalah BMW i3 dan Wuling E 100.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan