Fuel Pump Mobil: Fungsi, Jenisnya, dan Cara Merawatnya

Fuel Pump Mobil

Fuel pump atau pompa bensin merupakan komponen kendaraan yang bertanggung jawab atas sistem injeksi dan atau karburator yang secara konstan membantu bahan bakar mobil dapat bersirkulasi. Oleh sebab itu penting sekali untuk merawat komponen ini. Sebab apabila terjadi kerusakan akan bisa mempengaruhi kinerja mesin.

Pada artikel kali ini HSR Wheel akan menjelaskan fungsi dan cara kerja dari fuel pump pada mobil secara lebih mendalam. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Fungsi Fuel Pump Pada Mobil

fungsi fuel pump pada mobil
fungsi fuel pump pada mobil

Fungsi fuel pump pada kendaraan adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki. Bahan bakar yang berada di dalam tangki akan dipompa yang kemudian disalurkan ke arah ruang pembakaran.

Pada momen inilah bahan bakar diubah menjadi energi yang berguna untuk menyalakan mesin. Namun, fungsinya berkembang menjadi lebih banyak ketika dihadapkan pada jenis kendaraan.

Fungsi fuel pump memiliki dua jenis berdasarkan jenis mobilnya. Pada jenis kendaraan dengan sistem injeksi, fuel pump berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Sementara pada jenis mobil dengan sistem karburator, fuel pump memompa bahan bakar yang ada di tangki ke karburator.

Baca Juga: Karburator Mobil Bermasalah? Ini Penyebabnya!

Jenis Fuel Pump

Fuel pump atau pompa bensin dibagi ke dalam 2 jenis. Berikut ini penjelasan lebih mendetail terkait jenis-jenisnya berdasarkan cara kerja komponennya.

Fuel Pump Mekanis

Fuel Pump Mekanis
Fuel Pump Mekanis

Jenis fuel pump yang pertama, yakni fuel pump mekanis. Penggerak fuel pump mekanis pada mesin diesel adalah dengan mengandalkan putaran mesin yang tersambung kepada belt. Pada mesin mobil lainnya, pergerakan komponen ini adalah mekanisme camshaft yang letaknya ada pada silinder head.

Fuel Pump Elektrik

Fuel Pump Elektrik
Fuel Pump Elektrik

Jenis fuel pump kedua, yaitu fuel pump elektrik. Cara kerja jenis fuel pump ini adalah dengan menggunakan motor listrik yang telah digerakkan oleh aliran listrik menuju motor penggerak. Jenis komponen ini terbagi lagi menjadi 2 sub jenis, yaitu model yang memakai diafragma dengan platina dan model biasa yang banyak ditemukan di mobil dengan sistem injeksi.

Cara Merawat Fuel Pump

Fuel pump merupakan salah satu komponen yang perlu sekali untuk dirawat secara rutin. Cara merawat komponen ini dengan membersihkan tangki secara rutin minimal satu tahun sekali. Selain itu, kamu juga perlu untuk membersihkan pompa mobil setiap 6 sekali, serta nozzle injector dan filter setiap 15.000 km. Kamu bisa membawanya ke bengkel professional dekat rumah kamu untuk merawat komponen fuel pump

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa fuel pump atau pompa bahan bakar merupakan komponen kendaraan yang bertanggung jawab atas sistem injeksi dan atau karburator yang secara konstan membantu bahan bakar mobil dapat bersirkulasi. Komponen ini memiliki fungsi sebagai untuk memompa bahan bakar dari tangki. Cara kerja dari komponen ini berbeda-beda tergantung dari jenis fuel pumpnya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan