Fungsi, Harga dan Cara Memasang Relay Lampu Mobil

relay mobil

Bagi kamu yang saat ini sedang mengalami masalah di bagian lampu utama atau headlamp yang cahayanya sudah terlihat redup, kamu bisa menggunakan relay. Mungkin kamu juga sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah relay lampu mobil ini. Namun, apasih sebenarnya relay itu? Bagaimana cara memasangnya?

Apa Fungsi Relay Lampu Mobil?

Relay mobil merupakan salah satu komponen elektrik yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari saklama utama ke komponen listrik lainnya pada mobil kesayangan kamu. Arus ini akan dialirkan pada klakson hingga lampu utama mobil. Kelebihan relay ini dapat mengalirkan arus listrik yang punya tegangan tinggi dengan sisten pengendalian arus dengan teganga kecil.

Kamu bisa menggunakan relay jika dirasa pencahayaan utama sudah terlihat redup. Sebab relay akan mengembalikan pencahayaan lampu menjadi lebih terang dan juga awet saklar. Hal ini terjadi karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, sehingga kamu bisa menghemat biaya karena akan menjadi lebih awet juga saklarnya.

relay lampu

Cara Memasang Relay Lampu Mobil

Untuk memasang relay lampu mobil, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Selain bisa menghemat biaya, peralatannya pun tidak sulit untuk dicari. Kamu hanya perlu mencari relay di toko oderdil ataupun membelinya secara online. Sebab, memang ada banyak macam-macam relay yang saat ini beredar di pasaran. Untuk memasangnya, kamu bisa menyesuaikan dengan tipe relay yang kamu gunakan, yaitu:

Set Relay Lampu

Tipe relay ini sangat memudahkan kamu dalam memasangnya. Sebab, komponennya sudah terangkai dengan lengkap mulai dari sekring hingga soket lampunya. Kamu tidak perlu repot lagi harus menyusunnya, hanya perlu memasangkannya saja di bagian terminal aki. 

Relay Lampu Terpisah

Untuk tipe relay ini, komponennya masih terpisah dan belum terangkai dengan lengkap. Kamu harus menyatukan semua komponennya menjadi satu kesatuan. Tipe ini memang lebih sulit dipasang daripada yang sudah terangkai lengkap. 

Untuk memasangnya, kamu harus menghubungkan relay yang sudah dirangkai dengan sekring terlebih dahulu agar bisa disambungkan pada ground mobil. Selain itu, kamu harus menghubungkan kabel relay dengan saklar agar mobil mempunyai pencahayaan yang terang.

Harga Relay Lampu Mobil

Untuk kisaran harga, tentunya variatif. Produk yang berisi 1 set dan terpisah tentunya akan memiliki perbedaan harga. Untuk harga relay 1 set, berkisar di angka 120 sampai 300 ribu rupiah. Sedangkan, untuk harga relay yang terpisah dibanderol pada kisaran 30 sampai 100 ribu rupiah. Pemilihan merek juga berpengaruh pada harga relay. Merek yang cukup dikenal oleh masyarakat pada komponen ini adalah Bosch dan Hella. Namun, kamu harus hati-hati ketika ingin membeli produk dua merek tersebut, karena banyaknya produk KW Bosch dan Hella yang beredar di pasaran.

Nah,  itu dia fungsi, harga dan cara memasang relay secara mandiri di rumah. Sekarang kamu sudah tahu kan solusi untuk memperbaiki lampu mobil yang mulai redup? Selamat mencoba.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan