Fungsi Gearbox Mobil & Tanda Kerusakannya

Fungsi Gearbox Mobil

Fungsi Gearbox Mobil – Di dalam sebuah mobil, tentu saja sangat banyak terpasang berbagai komponen. Mulai dari sisi mesin, interior, eksterior, hingga perangkat teknologi pendukung lainnya. Nah, saat ini kita akan membahas salah satu komponen penting yang ada di dalam mesin, yaitu gearbox.

Fungsi Gearbox Mobil

Dikutip melalui laman resmi Suzuki Indonesia, fungsi gearbox mobil adalah untuk menyalurkan torsi atau tenaga mesin ke seluruh komponen mesin lainnya. Maka dari itu, komponen ini sering disebut dengan transmisi mobil karena termasuk sistem mekanis yang berdungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya.

Komponen satu ini telah terpasang di kendaraan dengan transmisi otomatis ataupun manual. Selain memiliki fungsi utama yang sudah disebutkan sebelumnya, gearbox juga memiliki fungsi lain yaitu merubah torsi atau daya putar mobil. Setelah dirubah, maka torsi atau daya putar tersebut akan dilanjurkan ke bagian spindel kendaraan mobil.

Fungsi gearbox mobil selanjutnya adalah menyesuaikan rasio gigi dengan beban berasal dari mesin mobil. Setelah itu, gearbox juga berfungsi untuk menciptakan putaran untuk mesin mobil tanpa mengakibatkan timbulnya selip.

Terakhir, gearbox juga memiliki fungsi yang bisa mengatur atau pun menyesuaikan kecepatan torsi dan juga gerak kendaraan. Hal ini tentu sangat berguna untuk membuat mobil dapat bergerak dengan baik entah itu dalam kondisi maju ataupun mundur.

Tanda Gearbox Mobil Rusak

Usia pakai gearbox sendiri adalah 5 tahun pemakaian atau masih di bawah angka 100.000 km. Namun, gearbox sendiri bisa saja mengalami kerusakan sebelum usia pakai tersebut terjadi. Kerusakan ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengetahui tanda gearbox rusak maka silakan simak ulasannya di bawah ini :

Timbul Bau

Ciri pertama ketika gearbox mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki atau diganti adalah munculnya bau yang berasal dari cairan transmisi yang terbakar.

Ada Cairan Transmisi Bocor

Tanda selanjutnya adalah terdapat cairan transmisi yang bocor, ketika hal ini terjadi maka itu tandanya gearbox mengalami masalah.

Suara Aneh Saat Menyalakan Mobil

Ciri gearbox bermasalah ketiga adalah timbul suara yang tidak biasa atau pun aneh pada saat menyalakan mobil.

Lampu Indikator Mesin Menyala

Ketika lampu indikator mesin yang terpasang di dashboard mobil menyala, maka itu tandanya ada masalah yang terjadi pada gearbox.

Sulit Memindahkan Gigi

Tanda terakhir adalah kamu sangat kesulitan untuk memindahkan posisi gigi mobil ataupun mempertahankan posisi gigi mobil.

Nah, ketika salah satu permasalahan di atas terjadi, maka ada baiknya segera menuju bengkel langganan untuk diperbaiki atau sekalian dilakukan penggantian komponen baru. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan