Fungsi Glow Plug pada Mobil Diesel

Fungsi Glow Plug

Pada mobil dengan ditenagai mesin diesel, akan ditemukan satu komponen yang sangat penting bernama busi pijar atau glow plug. Fungsi glow plug atau busi pijar ini adalah untuk meningkatkan suhu udara yang ada di dalam ruang bakar agar proses pembakaran bisa dipercepat.

Perlu diketahui, komponen glow plug ini hanya bisa ditemui pada mobil yang menggunakan meisn diesel. Hal tersebut dikarenakan proses pembakaran yang terjadi di ruang pembakaran berbeda dari mobil dengan mesn lainnya. Lalu, apa beda proses pembakaran dan fungsi busi pijar ini? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut ulasan lengkapnya :

Cara Kerja Mesin Diesel

Proses bekerjanya mesin diesel memang berbeda dengan mesin bensin. Jika mesin bensin menggunakan spark plug atau busi untuk melakukan pembakaran camuran udara dan bahan bakar. Maka untuk mesin diesel membutuhkan glow plug atau busi pijar untuk meledakkan capuran dari udara dan bahan bakar melalui tekanan kompresi tinggi dan panas yang cukup.

Ketika tekanan panas dan juga kompresi yang ideal sudah didapatkan, maka campuran solar dan udara yang ada di dalam ruang pembakaran mesin diesel dapat meledak dan menghasilkan tenaga pada mesin. Hasilnya pun akan membuat mobil menyala dan dapat digunakan. Dan pada saat proses mendapatkan suhu idel untuk pembakaran inilah glow plug ini sangat dibutuhkan.

Fungsi Glow Plug

Fungsi glow plug pada mobil yang menggunakan mesin diesel adalah untuk memanaskan udara di dalam ruang bakar. Tujuannya adalah agar mesin dapat mencapai temperatur pembakaran ideal untuk membakar solar dengan udara yang nantinya menjadi tenaga bagi mesin. Jadi, apabila mobil yang kamu miliki susah untuk dinyalakan, maka bisa jadi karena ada kerusakan pada glow plug yang bertugas untuk memanaskan suhu pada ruang pembakaran mesin.

Sebagai tambahan informasi bersama, komponen glow plug ini biasanya dipasang masuk ke dalam ruang bakar. Bagian yang menghasilkan energi panas akan diarahkan langsung menuju ruang pembakaran agar suhu udara di dalamnya bisa lebih cepat panas. Untuk mesin diesel tipe direct injection, komponen glow plug ini dipasangkan langsung tepat di dalam ruang pembakaran yang berhadapan dengan piston mesin. Sedangkan untuk mesin diesel tipe indirect injection, busi pijar atau glow plug ini dipasangkan pada pre-chamber.

Dan itu dia cara kerja dan fungsi glow plug yang mungkin pelru kamu ketahui agar semakin memahami komponen-komponen yang ada pada mobil diesel kamu. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan