Fungsi Headrest Mobil, Ketahui untuk Keselamatan Diri Kamu

Pada dasarnya, fungsi headrest mobil dapat berpengaruh terhadap keselamatan diri pengendaranya. Bahkan, komponen ini tidak hanya berfungsi sebagai sandaran kepala saja. Akan tetapi, juga berfungsi untuk menghindari terjadinya cedera pada leher apabila terjadi kecelakaan. Nah simak berikut ini fungsi utama headrest pada mobil.

Inilah Dua Fungsi Headrest Mobil

Sebenarnya, headrest ini memiliki dua fungsi utama yang sangat penting bagi keselamatan diri kamu. Berikut ini penjelasannya.

Mengurangi Potensi Cedera Patah Tulang

Saat terjadi kecelakaan, kepala kita akan refleks terbentur ke arah depan kemudian akan kembali lagi ke belakang. Jika benturan tersebut terjadi sangat keras, maka bisa mengakibatkan cedera atau bahkan patah tulang leher.

Dalam hal ini, cedera pada leher sebenarnya merupakan hal yang bisa dikatakan cukup serius. Sebab, bisa berpotensi mengakibatkan cacat seumur hidup atau bahkan meninggal seketika. Oleh karena itu, kamu tidak bisa asal sembarangan dalam mengatur ketinggian headrest pada mobil kamu.

Berfungsi Sebagai Alat Bantu Darurat

Nah kedua besi penyangga pada headrest ini, sebenarnya juga bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan diri saat berada dalam keadaan darurat. Misalnya, jika kamu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan kita tergencet dengan kendaraan lain sehingga pintu mobil kamu tidak bisa dibuka. Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa menggunakan kedua besi penyangga headrest ini untuk memecahkan kaca mobil kamu.

Caranya, kamu cukup melepaskan besi headrest dari jok mobil dengan cara menekan tombol kecil yang ada di sekitar pangkal headrest tersebut. Kemudian, selipkan gagang besi ini di antara kaca dan trim pintu. Jika gagang besi tersebut sudah menancap dengan tepat, maka kamu dapat menekannya ke bawah dan kaca mobil tersebut pun akan pecah.

Mengatur Posisi Headrest dengan Tepat

Mengingat akan pentingnya fungsi dari headrest ini, maka kamu tidak bisa asal sembarangan dalam mengatur posisi headrest tersebut. Pada dasarnya, headrest sendiri ada yang bisa diatur dan juga ada yang tidak. Adapun untuk model headrest yang tidak bisa diatur, biasanya pabrik telah mengatur posisinya disesuaikan dengan aspek keselamatan.

Headrest Mobil

Nah untuk headrest yang bisa diatur, pastikan pada saat posisi duduk punggung kamu bersandar penuh di sandaran bangku. Kemudian, kamu bisa menekan klip pengunci agar headrest bisa dinaik-turunkan. Selanjutnya, kamu bisa mengatur headrest agar bisa mencapai ketinggian yang pas. Pastikan pula bahwa bagian tengah headrest sudah sejajar dengan ujung atas telinga.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan