3 Fungsi Kampas Rem Mobil yang Wajib Diketahui

Fungsi Kampas Rem Mobil

Fungsi Kampas Rem – Ada banyak komponen yang terpasang di dalam sistem pengereman mobil, termasuk salah satunya adalah kampas rem. Kampas rem sendiri adalah komponen yang sangat penting yang ada di dalam sistem pengereman ini. Maka dari itu, kondisinya pun perlu diperhatikan secara rutin. Lalu, apa fungsi kampas rem?

Fungsi Kampas Rem

Kampas rem ini letaknya ada di dekat roda dan juga memiliki fungsi yang sangat krusial di dalam sistem pengereman mobil. Bahkan, kampas rem sendiri memiliki masa pakainya. Ketika kondisi kampas rem sudah menunjukkan akan habis, maka kamu sebagai pemilik mobil perlu segera mengganti secepatnya. Untuk mengetahui fungsi lengkap dari kampas rem mobil ini, simak berikut ini penjelasannya.

1. Pengereman Lebih Mudah

Fungsi kampas rem yang pertama adalah mampu membuat pengereman mobil akan lebih mudah. Kampas rem dapat membuat proses pengereman menjadi halus dan baik. Ketika kamu melakukan pengereman mendadak, maka kampas rem ini akan menolong kamu sehingga tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Saat menekan rem, kampas akan menekan disc brake dan akan membuat ban mobil akan secara perlahan berhenti sesuai dengan keras tidaknya injakan pedal rem.

2. Pengaturan Rem Lebih Mudah

Kampas rem berguna untuk membantu kinerja pengereman menjadi lebih baik. Terlebih ketika mobil sedang melaju dengan cepat dan ingin berhenti secara tiba-tiba. Sistem pengereman pasti akan dibutuhkan untuk bisa berhenti.

Selain itu, kecepatan mobil juga akan ikut terpengaruh oleh kampas rem. Sebagai pengemudi, tentu saja kamu ingin mobil kamu memiliki tingkat pengendalian yang mudah. Dan dengan adanya kampas rem, maka mobil kamu akan lebih mudah dikendalikan secara penuh dan tidak akan menimbulkan masalah yang berarti.

3. Melintasi Banyak Jalan Dengan Mudah

Ketika kamu mengemudi di medan jalan yang cukup sulit, maka peran kampas rem ini sangatlah penting. Entah itu jalanan yang menurun ataupun menanjak pasti kamu akan membutuhkan sistem pengereman untuk melewatinya. Ketika jalan menanjak, kampas rem ini akan menahan laju mobil saat jalan yang dilewati cukup ramai dan akan membuat akselerasi mobil menurun.

Begitu juga saat melewati turunan. Untuk bisa mengendalikan mobil secara sempurna, kamu pasti akan sering menginjak pedal dan menggunakan rem.

Pentingnya kampas rem ini perlu kamu barengi dengan perawatan yang rutin, apabila kampas perlu diganti maka segeralah ganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan