4 Fungsi Lampu Sein yang Wajib Diketahui

Fungsi Lampu Sein

Fungsi Lampu Sein – Setiap mobil tentu saja sudah pasti memiliki lampu pada bagian belakang ataupun depan. Fungsi lampu pada mobil sendiri bermacam-macam. Salah satunya adalah berfungsi sebagai tanda mobil akan belok atau biasa kita kenal dengan lampu sein. Lampu sein sendiri ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tanda akan berbelok saja, namun ada beberapa fungsi lainnya yang juga penting untuk diketahui.

Fungsi Lampu Sein

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut fungsi lampu sein atau lampu belok yang bisa kamu simak ulasannya di bawah ini :

Sebagai Tanda Kendaraan Belok

Lampu sein atau lampu tanda belok ini memiliki fungsi sebagai penanda ketika ingin melakukan maneuver ke arah kanan dan kiri ketika berada di tikungan, pertigaan, ataupun perempatan. Dengan menyalakan satu sisi lampu sein, kanan ataupun kiri, maka kamu memberikan informasi kepada pengendara lain yang ada di depan dan belakang kenaraan kamu bahwa kamu akan berbelok.

Informasi seperti ini memang penting diketahui agar pengendara juga dapat berhati-hati ketika sedang berkendara. Kendaraan lain yang berada di depan atau belakang kamu otomatis akan menurunkan kecepatan, tidak menyalip, ataupun berada di samping mobil kamu. Isyarat lampu sein ini memang dapat memudahkan seluruh pengendara.

Sebagai Tanda Akan Mendahului Mobil di Depan

Ketika berkendara di jalanan, pasti ada kalanya kamu akan bermanuver untuk menyalip kendaraan mobil di depan. Namun, untuk memberi sinyal kepada kendaraan yang akan disalip, maka nyalakan lampu sein kamu.

Dengan lampu sein ini maka pengendara di depan kamu akan mengerti bahwa mobil yang kamu tunggangi akan menyalip dirinya.

Memberi Informasi Kepada Kendaraan Dari Lawan Arah

Lampu tanda belok atau biasa disebut lampu sein ini juga dapat berguna untuk memberikan informasi kepada pengendara yang berasal dari lawan arah. Ketika terdapat kendaraan dari lawan arah yang masuk ke lajur kamu untuk menyalip kendaraan di depannya. Maka kamu perlu memberikan sinyal berupa lampu sein agar pengemudi tersebut kembali ke jalur kendaraannya sendiri.

Tentu saja hal ini dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan seperti tabrakan. Ketika kamu ingin berbelok lalu memotong jalur berlawanan juga perlu menyalakan lampu sein mobil. Kendaraan yang berasal dari lawan arah akan mengerti isyarat tersebut dan akan memperlambat kendaraannya untuk menciptakan ruang berbelok.

Sebagai Tanda Mobil Pindah Jalur

Lampu sein sendiri bisa digunakan untuk memberi tanda atau isyarat ketika kamu ingin pindah jalur. Tentu saja hal ini dapat terjadi di dalam jalan yang memang memiliki beberapa jalur dalam satu arah yang sama. Sebut saja seperti jalan tol.

Ketika kamu akan bermanuver dan ingin pindah jalur, maka ada baiknya nyalakan terlebih dahulu lampu mobil untuk memberi informasi kepada mobil di depan serta belakang kamu. Khususnya untuk mobil yang jalurnya ingin kamu masuki. Mobil tersebut akan menerima sinyal yang kamu keluarkan dan akan memperlambat mobil dan menjaga jarak agar perpindahan jalur mobil kamu bisa lancar.

Dan itu dia fungsi lampu sein yang penting untuk kamu ketahui selama berkendara. Etika penggunaan lampu sein perlu diterapkan agar kamu dapat menjaga keselaatan diri sendiri dan juga pengendara lainnya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan