Fungsi Magnetic Clutch AC Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Magnetic Clutch

Fungsi Magnetic Clutch – Pernahkah terlintas pikiran tentang pengapnya kabin mobil apabila AC mobil tidak mau menyala. Tentu saja hal tersebut akan membuat kamu dan juga penumpang lain tidak nyaman hingga kegerahan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui ada salah satu komponen sangat penting yang dapat membuat sistem pendingin di dalam mobil berfungsi baik. Komponen penting tersebut disebut magnetic clutch AC.

Komponen krusial ini apabila mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan AC tidak menyala. Lalu, apa fungsi magnetic clutch ini sehingga AC menjadi tidak berfungsi ketika komponen ini rusak. Berikut ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Fungsi Magnetic Clutch AC Mobil

Magnetic clutch AC mobil merupakan komponen yang berbentuk katrol atau pulley. Katrol ini akan terus menerus mengikuti putaran mesin mobil yang terhubung dengan fan belt. Fungsi clutch sendiri untuk menghubungkan kompresor dengan putaran mesin. Disamping itu, magnetic clutch memiliki tanggung jawab untuk memutuskan kompresor dengan putaran mesin.

Cara Kerja Magnetic Clutch AC Mobil

Untuk lebih jelas memahami fungsi magnetic clutch ini, kamu bisa menyimak cara kerja komponen ini ketika mesin mobil dinyalakan ataupun dimatikan. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Ketika Mesin Mobil Menyala

Ketika kendaraan dalam kondisi menyala, magnetic clutch dapat berputar mengikuti putaran mesin. Hasil putaran tersebut akan tercipta sebuah arus listrik pada magnet spool yang dapat menarik centerpiece dan juga berputar mengikuti pulley dan kompresor.

2. Ketika Mesin Mobil Mati

Ketika mesin kendaraan tidak beroperasi, maka pulley dapat berhenti bekerja karena putaran mesin tidak ada. Efenya, kompresor AC mobil tidak dapat bekerja karena tidak adanya aliran listrik di magnet spool. Jika kompresor mati, maka AC mobil juga akan ikut mati.

Dampak Magnetic Clutch AC Rusak

Pada intinya, komponen ini merupakan alat penghubung kompresor dengan putaran mesin. Kompresor adalah komponen yang berfungsi untuk memompa Freon dan disalurkan ke seluruh sistem AC mobil. Dan berikut ini beberapa hal yang akan terjadi ketika magnetic clutch AC rusak :

1. Bunyi Berisik pada AC Mobil

Bunyi berisik ini akan terdengar dari AC mobil yang komponen magnetic clutch nya mengalami kerusakan. Suara ini sendiri muncul dari adanya gesekan permukaan magnet pulley dengan pelat centerpiece.

2. Kompresor AC Tidak Berjalan

Mengingat fungsi magnetic clutch AC ini untuk menghubungkan kompresor dengan putaran mesin, maka apabila komponen ini rusak tentu saja kompresor juga tidak dapat bekerja.

3. AC Mobil Tidak Dingin

Hal yang terjadi ketika magnetic clutch AC rusak adalah AC mobil menjadi tidak dingin. Hal ini disebabkan oleh tidak terhubungnya kompresor ke putaran mesin sehingga Freon tidak dapat disalurkan ke seluruh pendingin yang ada. Sistem pendingin ini dapat mengeluarkan angin ataupun hawa panas dari dalamnya. Maka dari itu, apabila AC mbil kamu tidak dingin dikondisi Freon yang masih banyak, kemungkinan masalahnya ada pada magnetic clutch.

Dan itu dia fungsi magnetic clutch AC mobil dan juga cara kerjanya yang bisa kamu ketahui. Pahami semua poinnya agar ketika hal ini terjadi pada mobil kesayangan, kamu akan siap untuk menghadapinya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan