Tips Otomotif

Fungsi Rem Tangan Mobil Beserta Jenisnya

Fungsi Rem Tangan Mobil – Seluruh kendaraan yang diproduksi pasti sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang dinamakan rem. Fungsi rem sendiri adalah untuk menghentikan laju kendaraan agar aman untuk dikendarai. Untuk di mobil sendiri, terdapat dua jenis rem yang disediakan, yang pertama ada rem tangan mobil dan kedua ada rem kaki.

Masing-masing rem tersebut memiliki fungsi dan juga perbedaan masing-masing yang wajib pengemudi ketahui. Ada yang fungsinya untuk membantu parkir, ada juga yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan. Lantas, apa saja fungsi rem tangan mobil?

Fungsi Rem Tangan Mobil

Nama lain dari rem tangan mobil sebenarnya adalah rem parkir. Nama tersebut diberikan karena mengingat fungsinya yang menjaga agar mobil tetap diam pada saat parkir. Khususnya di jalanan yang menanjak atau tidak rata.

Fungsi rem tangan mobil tentu saja tidak hanya sebagai itu, namun rem tangan juga bisa digunakan sebagai alat pengereman tambahan di saat darurat. Hanya saja kamu sebagai pengemudi perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Namun harus kamu perhatikan pada saat parkir di turunan yang curam jangan hanya mengandalkan rem tangan saja, melainkan gunakan juga batu untuk mengganjal ban agar mobil tetap aman.

Jenis Rem Tangan Mobil

Sesuai dengan cara penggunaannya, rem sendiri terdiri dari beberapa jenis. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Rem Tangan Jenis Stik

Mobil dengan transmisi matik dan manual saat ini masih menggunakan jenis stik. Bentuknya sendiri memang berupa stik dan posisinya ada di sisi kiri kursi pengemudi. Bagian ujungnya sudah dilengkapi dengan beberapa tombol yang bisa ditekan.

Fungsi dari tombol-tombol tersebut adalah untuk melepas kunci gear agar stik bisa dinaik-turunkan sesuai dengan kebutuhan.

2. Rem jenis Pedal

Jenis rem yang kedua ini posisinya sejajar dengan pedal gas mobil. Sesuai dengan namanya, cara penggunaan rem pedal ini adalah dengan diinjak seperti halnya kopling dan juga gas. Untuk saat ini, mobil dengan transmisi otomatis yang menggunakan jenis rem ini.

Kamu harus menginjak rem sedalam-dalamnya agar berfungsi dan juga mengunci, sedangkan untuk mengembalikannya kamu hanya perlu menginjak sekali saja.

3. Rem Jenis Tombol

Dibandingkan kedua jenis rem tangan mobil di atas, tipe tombol adalah jenis yang paling mudah untuk digunakan. Cara menggunakannya ialah dengan menarik tuas sedikit yang ada di tombol rem, maka tem akan bekerja untuk mengentikan mobil. Masih cukup banyak mobil yang menggunakan jenis rem tangan ini, nama lain dari jenis rem ini adalah rem tangan elektrik

Pos Terbaru

Tips Ban Mobil Awet Saat Digunakan Sehari-hari

Tips Ban Mobil Awet - Ban mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan,… Read More

28 Oktober 2021

Cara Merawat Velg Mobil dengan Mudah dan Benar

Cara Merawat Velg Mobil - Saat ini beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami musim penghujan… Read More

28 Oktober 2021

4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ketika ingin melakukan perjalanan namun tiba-tiba mobil tidak bisa distarter adalah kondisi yang membuat panik… Read More

27 Oktober 2021

Mengenal 7 Teknik Eco Driving untuk Menghemat BBM

Teknik Eco Driving - Banyak dari para pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil menginginkan mobil yang… Read More

25 Oktober 2021

5 Mobil yang Cocok untuk Wanita

Mobil yang Cocok untuk Wanita - Untuk saat ini, mobil bukan lagi sebuah kendaraan yang… Read More

23 Oktober 2021

Ronaldo Pernah Jadi Korban, Begini Bahaya Mobil Kehabisan Bensin

Bahaya Mobil Kehabisan Bensin - Sebagai pengemudi kendaraan bermotor seperti mobil kamu perlu memahami beberapa… Read More

22 Oktober 2021