Fungsi Reservoir Tank dan Cara Kerjanya

Fungsi Reservoir Tank

Fungsi Reservoir Tank – Sistem pendingin di dalam mobil merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap normal. Karena itulah pada sistem pendingin diperlukan beberapa beberapa komponen di dalamnya agar mampu bekerja secara maksimal. Salah satu komponen yang ada pada sistem pengingin adalah reservoir tank. Apa fungsi reservoir tank ini pada sistem pendingin mobil?

Mungkin diantara Haiser semua masih belum mengetahui bahwa ada komponen bernama reservoir tank di dalam mobil kamu. Padahal, kehadiran komponen ini sangat penting dalam sistem kerja pendingin mesin, khususnya pada radiator. Jadi, apa saja fungsi komponen ini? Berikut bisa kamu simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Fungsi Reservoir Tank

Pada dasarnya, fungsi reservoir tank untuk menjadi tangki cadangan air radiator. Jadi, di dalam reservoir tank ini ada air yang berfungsi untuk mendukung sistem kerja radiator atau pendingin mobil. Material komponen reservoir tank sendiri terbuat dari plastik yang memiliki ukuran tertentu sesuai dengan spesifikasi mobil.

Dengan begitu komponen ini cocok untuk digunakan menjadi tempat penampungan sementara air radiator dari dalam mesin yang nantinya disalurkan menuju tempat asalnya kembali dan akan mengalami pemuaian.

Cara Kerja Reservoir Tank

Selain fungsinya, kamu juga perlu mengetahui cara kerja reservoir tank karena memang belum banyak yang mengetahui tentang komponen satu ini. Jadi, apabila mesin sudah melewati suhu kerja, maka air pendingin yang ada di blok akan otomatis kenaikan suhu. Setelah itu akan dikeluarkan melalui blok mesin untuk diganti dengan air pendingin baru yang berasal dari komponen radiator.

Tentu saja air tersebut sudah terlebih dahulu didinginkan dengan bantuan thermostat dan juga waterpump. Dan selanjutnya, air panas yang berasal dari blok mesin akan disalurkan keluar agar masuk ke dalam kisi-kisi radiator. Namun selama perjalanannya, air akan memuai sehingga volumenya menjadi naik. Dan disinilah fungsi reservoir tank yang akan mengambil alih.

Reservoir tank akan menamping luapan air panas tersebut untuk sementara waktu. Apabila suhu air yang berada di dalam radiator sudah dingin, maka cairan yang ditampung tersebut nantinya akan kembali terhisap. Jadi, air yang ada di dalam radiator akan kebali terisi lagi. Keberadaan reservoir tank ini juga dapat mencegah radiator mobil menjadi rusak.

Dan itu dia fungsi reservoir tank dan cara kerjanya yang perlu kamu ketahui. Kondisi seluruh komponen yang ada di dalam mobil perlu diperhatikan secara benar dan rutin, hal tersebut guna menjaga kenyamanan serta keamanan penumpang ketika sedang berkendara di jalanan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan