Fungsi Turbo Timer dan Cara Kerjanya

Fungsi Turbo Timer

Fungsi turbo timer sendiri akan sangat terasa berguna ketika menggunakan mobil dengan mesin turbo seperti Toyota All New Fortuner atau pun mobil lainnya. Mobil yang menggunakan mesin turbo memang akan membuatnya semakin kencang apabila dipacu di jalanan. Ditambah dengan akselerasi mobil yang sangat tinggi, Maka tak heran apabila banyak orang yang menginginkan mobil jenis ini.

Dengan tambahan turbo, mesin yang awalnya memiliki tenaga 102 Ps pada putaran 3.600 rpm akan meningkat drastis menjadi 144 Ps putaran 3.400 rpm. Sangan luar biasa tentunya tenaga yang dihasilkan oleh mesin turbo ini.

Berbicara soal turbo, ada komponen penting yang perlu digunakan oleh para pengguna turbo, komponen tersebut adalah turbo timer. Turbo timer adalah aksesori tambahan yang dipasangkan pada mobil guna menunjang turbo pada sebuah mobil. Lalu, apa fungsi turbo timer ini dan bagaimana cara kerjanya? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Fungsi Turbo Timer

Secara garis besar, turbo timer berfungsi untuk mencegah mesin dan juga fitur turbocharger mengalami perubahan suhu secara drastis. Maksudnya adalah adanya perubahan suhu mesin yang sangat tinggi ketika dipacu di jalanan menjadi suhu rendah ketika mobil mullah berhenti dan diparkir. Apabila perubahan suhu tersebut terjadi sangat drastis, maka akan menyebabkan kerusakan pada perangkat turbo.

Padahal, untuk mobil dengan mesin turbo di dalamnya butuh waktu beberapa detik hingga menit untuk menurunkan suhu tersebut. Jadi, ketika sudah menggunakan fitur turbo di jalanan, maka tidak boleh asal mematikan mesin mobil. Apabila kamu sebagai pengguna langsung memutar kunci kontak ke off dari mesin yang masih panas, maka akan berisiko menimbulkan kerusakan pada turbo bearing.

Cara Kerja Turbo Timer

Cara kerja turbo timer sendiri cukup simpel, namun memiliki peran cukup besar dalam menjaga performa mobil turbo. Alat ini akan memudahkan pengguna yang tidak mau menunggu lama proses penurunan suhu mesin. Jadi, kamu hanya perlu menggunakan turbo timer saja agar proses pendinginan dipercepat.

Komponen ini akan menahan kunci kontak tetap on walaupun kuncinya sudah dicabut. Dengan tambahan kapasitor, turbo timer ini dapat menahan mesin agar tetap on hingga suhunya mulai menurun. Ketika kapasitor sudah mulai habis muatannya, maka kunci kontak juga akan ikut off atau bisa dibilang mesin akan mati dengan sendirinya. Praktis dan tentu saja mudah bukan?

Dan itu dia cara kerja turbo timer beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan