Fungsi Water Coolant Pada Mobil, Wajib Dipahami

Fungsi Water Coolant

Apabila kamu memiliki sebuah kendaraan, pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah water coolant yang digunakan untuk sistem pendingin mobil kesayangan. Fungsi water coolant sendiri adalah untuk mendinginkan mesin mobil. Namun tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin, water coolant juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang perlu kamu ketahui.

Melihat betapa tingginya suhu yang ada di sistem mesin mobil, maka water coolant memang sangat dibutuhkan keberadaaanya. Agar tidak terjadi masalah overheat, maka diperlukan sebuah radiator yang berfungsi secara maksimal. Di dalam radiator ini terdapat mater coolant atau air radiator yang bersifat mendinginkan mesin sehingga mobil tidak perlu khawatir overheat pada saat dikendarai.

Pada dasarnya, setiap produsen mobil sudah menyediakan water coolant di setiap unit mobil yang diproduksi. Namun, sama halnya seperti oli mesin, water coolant juga memiliki usia pakai yang perlu dilakukan penggantian secara berkala. Jika water coolant tidak segera dilakukan penggantian, maka ada dua fungsi yang kinerjanya akan menurun, yaitu fungsi mengikat panas dan juga fungsi menghindari korosi.

Fungsi Water Coolant

Ketika mobil sering digunakan, maka kedua fungsi yang disebutkan sebelumnya perlahan akan mengalami penurunan. Dan untuk waktu penggantiannya sendiri bisa dilihat dari jarak tempuh mobil, apabila mobil sudah menempuh jarak 40.000 km, maka dianjurkan untuk segera mengganti water coolant dengan yang baru. Namun, penggantian water coolant juga bisa dilakukan di bawah ketentuan jarak tersebut, ini tergantung dengan interval penggunaan mobil yang jarang atau sering saja.

Pada saat waktu penggantian, kamu jangan sampai memilih merek water coolant secara sembarangan. Terlebih untuk saat ini cukup banyak produk water coolant yang dijual bebas di pasaran. Ada baiknya gunakan water coolant dengan merek yang sama yang sudah digunakan sebelumnya. Atau bisa juga menggunakan water coolant orisinal dari produsen mobil yang digunakan.

Proses memilih merek water coolant ini dilakukan untuk menghindari adanya reaksi kimia di dalam sistem radiator akibat perbedaan merek dan juga kandungan. Apabila mengganti water coolant secara sembarangan, maka reaksi kimia bisa saja terjadi dan menimbulkan penyumbatan di sistem mesin. Kinerja air radiator menjadi tidak maksimal hingga tidak mampu untuk mendinginkan mesin sehingga mobil akan menjadi lebih murah overheat.

Fungsi water coolant lainnya adalah mampu memberikan lapisan proteksi pada sistem pendingin mesin mobil. Hal yang harus kamu tahu, komponen radiator memiliki lapisan logam alumunium sebagai isolator suhu panas. Selain itu juga ada tutup radiator yang memiliki tingkat kerawanan terhadap korosif apabila terkena cairan secara terus menerus.

Dengan menggunakan water coolant yang sesuai dengan spesifikasi mobil, maka lembaran logam yang ada bisa mencegah terjadinya masalah korosi selama masa penggunaan. Dan ketika penggunaan cairan ini diluar dari anjuran apesifikasi, maka akan membuat bagian di dalamnya menjadi lebih cepat berkarat.

Fungsi water coolant yang terakhir adalah untuk menjaga komponen selang karet di dalam jalur air radiator. Material karet yang posisinya terkena panas dari suhu mesin memang berpotensi bisa memuai dan juga getas dalam jangka waktu tertentu. Nah, dengan adanya water coolant yang cocok sesuai spesifikasi ini maka kelenturan karet dan juga pemuaian yang terjadi bisa diminimalisir.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan