Ganti Velg Mobil Jadi Boros?

Ganti Velg Mobil Jadi Boros

Modifikasi velg sering kali dilakukan oleh para pencinta otomotif. Tujuannya untuk mendongkrak penampilan kaki-kaki mobil agar terlihat lebih sporty atau elegan. Namun mengganti velg mobil yang tidak sesuai aturan bisa membahayakan keselamatanmu.

Lantas, apakah benar rumor mengenai ganti velg mobil jadi boros BBM jika ukuran velg lebih besar daripada ukuran velg bawaan pabrik?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. PT Toyota Astra Motor membenarkan pernyataan tersebut. Menurutnya ganti velg mobil menyebabkan pemborosan BBM apabila ukuran velg mobil lebih besar daripada ukuran standar bawaan pabrik. Sebab semakin besar ukuran velg yang digunakan, membuat gesekan saat roda berputar akan semakin besar. Akibatnya kinerja mesin menjadi lebih berat dan akan mengakibatkan kebutuhan bensin di ruang bakar meningkat.

Oleh karenanya, jika ingin mengganti velg mobil, sebaiknya ganti dua tingkat diatas ukuran velg standar. Sebab jika lebih dari dua tingkat dari velg standar akan menambah beban dari kinerja mesin serta meningkatkan konsumsi BBM.

Selain meningkatkan konsumsi BBM, ganti velg mobil dengan ukuran yang lebih besar juga akan membuat penggunaan ban dengan aspect ratio menjadi lebih tipis. Sehingga bantingan ban akan terasa keras. Maka perlu sekali sebelum ganti velg mobil, konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya atau bisa juga datang ke bengkel kepercayaan kamu.

HSR Wheel merupakan salah satu diler velg mobil yang telah tersebar dibeberapa kota di Indonesia. Untuk kualitas produknya tentu sudah tidak diragukan lagi dan kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada cabang diler resmi HSR Wheel yang ada di kotamu atau menghubungi customer servis yang tertera di website.

Baca Juga: Apakah Aman Pasang Adaptor Velg Mobil?

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan