Kategori: Tips Otomotif

3 Tanda Gardan Mobil Rusak yang Perlu Kamu Ketahui!

Pada dasarnya, kondisi di mana gardan mobil rusak perlu kamu ketahui sejak dini tanda-tandanya. Apalagi, komponen ini bisa dikatakan memiliki peranan yang cukup penting pada mobil. Termasuk, berfungsi sebagai penggerak roda pada sebuah mobil. Namun, tidak sedikit pula dari pemiliknya yang jarang melakukan pengecekan terhadap komponen yang satu ini. Padahal, apabila dibiarkan maka akan berpengaruh terhadap kinerja mobil.

Tanda Bila Gardan Mobil Rusak

Nah untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen tersebut, maka kamu perlu mengetahui beberapa tanda bila gardan mobil rusak. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Terdengar Suara Dengung

Dalam hal ini, kamu bisa mematikan terlebih dahulu perangkat audio pada mobil kamu. Selain itu, kamu juga bisa membuka kaca mobil dan menjalankan kendaraan kamu di tempat yang sepi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendengarkan apakah terdapat suara dengung atau tidak pada gardan mobil kamu tersebut. Nah bila terdengar suara gemerisik atau mendengung, maka itu bisa menjadi pertanda bila komponen ini mengalami masalah.

Terjadinya Kebocoran Oli Gardan

Terjadinya kebocoran pada oli gardan sebenarnya merupakan salah satu tanda bila gardan mobil kamu mengalami masalah. Biasanya, hal ini disebabkan karena baut tap oli gardan posisinya kurang kencang atau bisa juga disebabkan karena sudah mengalami keausan. Oleh karena itu, bila terus dipaksakan maka akan membuat oli tersebut terus menerus merembes. Adapun, kondisi lain bisa juga disebabkan karena draf baut yang sudah tidak bekerja dengan baik. Dengan demikian, hal ini menyebabkan terjadinya kebocoran pada oli gardan tersebut.

Getaran Pada Gardan Mobil

Tanda lain yang bisa kamu perhatikan, yakni saat gardan mobil kamu sering kali bergetar ketika mobil sedang dijalankan. Hal ini disebabkan karena terjadinya kerusakan pada bagian leher gardan. Bahkan, bisa juga disebabkan karena gigi atau gear gardan yang sudah ambrol. Biasanya, kondisi tersebut diakibatkan karena terjadinya benturan atau pemakaian bahan yang tidak berkualitas. Hal ini lah yang menjadi pemicu terjadinya situasi tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan terhadap komponen ini ya!

Pos Terbaru

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

2 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

3 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

4 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

5 hari ago

Bengkel Modifikasi Mobil

Melakukan modifikasi sangat lazim dilakukan oleh para pecinta mobil. Selain bertujuan untuk keindahan atau estetika,… Read More

6 hari ago

Inilah 4 Tips Memilih Tempat Kursus Setir Mobil!

Pada dasarnya, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih tempat kursus setir mobil. Apalagi, kamu perlu… Read More

6 hari ago